Serba Serbi Informasi Mengenai Broker Saham yang Perlu Diketahui

Serba Serbi Informasi Mengenai Broker Saham yang Perlu Diketahui

Apa itu Broker Saham ?

Broker Saham atau yang biasa disebut sebagai pialang saham, merupakan seorang individu atau sebuah badan yang memiliki lisensi dan izin untuk melakukan kegiatan jual beli saham, atau menjadi penghubung antara investor yang ingin bertransaksi saham dengan pasar modal.

Para pialang, biasanya bekerja pada sebuah perusahaan yang sudah terdaftar sebagai anggota bursa efek. Nah perusahaan ini biasa disebut dengan perusahaan broker saham atau broker anggota bursa.

Bagaimana cara menjadi Broker Saham?

Tahukah anda, bahwa tidak sembarangan orang bisa menjadi seorang pialang saham. Untuk menjadi pialang saham yang resmi dan juga terdaftar, anda membutuhkan  bukti tanda kelulusan ujian WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek) dan memiliki sertifikasi CFA (Certified Financial Analyst) sebagai nilai tambah.

Karena semua aktifitas pialang saham diawasi oleh badan pengawas resmi milik pemerintah yaitu Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Pengawasan ini dilakukan dengan tujuan agar segala kegiatan perdagangan saham, berjalan sesuai dengan peraturan perundang - undangan yang berlaku.

Apa saja tugas Broker Saham ?

  1. Tugas dari broker atau pialang saham yang paling utama adalah untuk menjadi perantara antara para investor sebagai konsumen, dengan bursa efek.
  2. Para pialang saham bertanggung jawab untuk menjalankan segala jenis transaksi yang sudah dipercayakan oleh investor seperti transaksi jual beli saham, tentunya dengan harga sebaik mungkin.
  3. Selain itu, pialang saham juga berperan sebagai 'konsultan' bagi para investor untuk memberikan rekomendasi dalam berinvestasi saham, seperti rekomendasi untuk membeli saham tertentu dan menjual saham tertentu. Rekomendasi yang disampaikan oleh pialang saham tentunya sudah melewati berbagai proses analisis terlebih dahulu.
  4. Menyampaikan informasi - informasi penting dari bursa efek kepada investor saham.

Bagaimana cara kerja dari Broker Saham?

Broker saham atau pialang saham baru akan melakukan eksekusi terhadap suatu saham tertentu jika terdapat perintah dari nasabah (investor) untuk melakukan transaksi jual atau beli. Dalam hal ini, wewenang pialang saham hanya terbatas dalam memberi rekomendasi saja.

Selain itu, biasanya harga jual dari saham itu sendiri juga ditentukan dari keinginan si investor. Setiap kali melakukan transaksi jual atau pembelian saham, pada umumnya broker saham juga akan mendapatkan fee tersendiri. sebagai 'upah' dalam membantu mengurus transaksi saham investor.

Bagaimana cara saya melihat daftar broker resmi?

Agar investasi saham berjalan dengan lancar dan aman, penggunaan broker saham yang resmi terdaftar, serta memiliki lisensi tentu saja sudah wajib hukumnya. Lalu bagaimana jika saya ingin melihat daftar broker resmi? Daftar broker resmi dapat dilihat melalui link berikut ini

Daftar Broker Saham Resmi di Indonesia


Nah, bagi investor pemula yang ingin terjun ke dunia investasi saham, menggunakan jasa dari broker patut untuk dipertimbangkan. Karena dengan adanya broker saham, investor pemula akan lebih mendapatkan pengarahan dan juga ilmu - ilmu baru dari sang broker. Tahukah anda bahwa Sinarmas Sekuritas juga termasuk dalam salah satu perusahaan pialang saham yang terdaftar di Indonesia?

Bagi anda yang ingin berkecimpung di dunia investasi saham dengan rekomendasi broker, dapat langsung menghubungi Customer Service Sinarmas Sekuritas di nomor +62 (021)-50507000.

:D Let's Be a Smart Investor with Sinarmas Sekuritas :D