Selamatkan Rupiah, Konglomerat Ini Rela Tukarkan Dollarnya ke Uang Garuda!

Selamatkan Rupiah, Konglomerat Ini Rela Tukarkan Dollarnya ke Uang Garuda!

Mengapa Harus Bersatu untuk Rupiah?

Pelemahan nilai mata uang rupiah Indonesia terhadap Dollar Amerika yang sedang terjadi akhir - akhir ini, secara langsung ataupun tidak langsung memberi dampak kepada berbagai aspek, salah satu contohnya adalah ikut naiknya harga barang-barang kebutuhan pokok karena naiknya harga produksi, naiknya harga BBM, dan bahkan mengarah kepada inflasi.

Nah, untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan diatas, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menukar asset mata uang dolar yang dimiliki ke mata uang rupiah. 

 

1. Dato Sri Tahir

Sumber Gambar: Warta Ekonomi

Buat kalian yang mungkin belum mengenal siapa itu Dato Sri Tahir, Dato Sri Tahir adalah seorang pengusaha yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes 2017.

Dato Sri Tahir adalah seorang pengusaha, investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group, sebuah holding company yang memiliki beberapa unit usaha di Indonesia. Unit usahanya meliputi perbankan, media cetak dan TV berbayar, properti, rumah sakit dan rantai toko bebas pajak/duty free shopping.

Kekayaan bersih Dato Tahir saat ini mencapai 3,8 miliar rupiah.

Dato mengatakan, motivasinya menukar dolar ke Rupiah adalah murni sebagai warga negara yang membantu pemerintah untuk membantu pemerintah memperkuat mata uang garuda. Uang yang telah ditukarkan itu nantinya akan disetorkan ke Bank Mayapada untuk digunakan sebagai penguat permodalan.

Ia pun mendorong agar pengusaha-pengusaha di dalam negeri yang masih menyimpan uangnya dalam dolar di Singapura juga melakukan hal yang sama seperti dirinya.

2. Boy Thohir

Sumber Gambar: cnbc

Presiden Direktur PT. Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir, atau yang biasa dikenal sebagai Boy Thohir berinisiatif mengonversi sebanyak US$ 1,7 miliar, atau setara Rp 25 triliun dari hasil transaksi bisnis perusahaan yang selama ini menggunakan dolar AS, menjadi Rupiah.

Langkah Boy ini diapresiasi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Malah, bendahara negara ini semakin mendorong agar pengusaha dan eksportir lainnya melakukan konversi Dolar mereka ke Rupiah untuk membantu memperkuat mata uang Indonesia.

3. Sandiaga Uno

Sumber Gambar: Twitter

Sandiaga Uno, tokoh yang akhir - akhir ini sedang kontroversial dan naik daun karena mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto ini ternyata juga seorang pengusaha loh!

Sandiaga Uno menukarkan sejumlah US$ 1.000. Ia mengatakan para politikus seperti dirinya perlu melakukan pencitraan. Sandiaga mengakui, menukarkan mata uang dolar miliknya ke rupiah merupakan pencitraan dengan tujuan memantik gerakan tukar dolar sebagai solusi dari anjloknya nilai rupiah, dan menyebut aksi menukar dolar AS itu sebagai upaya memperkuat ekonomi di tengah tingginya nilai tukar mata uang Negeri Paman Sam itu.

Sandiaga Uno mengaku baru kali ini menukarkan secara besar-besaran asetnya dari bentuk dolar ke rupiah. Sampai saat ini, 40 persen dari asetnya sudah ia tukarkan, dan total aset dalam bentuk rupiah sebanyak 95 persen.

Menurut Sandiaga Uno, ia tidak pernah memegang rupiah sebanyak sekarang. Untuk itu, ia berharap pencitraan yang dilakukan hari ini bisa menginspirasi.

“Perusahaan-perusahaan yang memegang banyak valuta asing untuk kebutuhan produksi mereka, bisa memetakan enam bulan ke depan dan mulai menukarkan ke rupiah,” katanya.

4. Crazy Rich Surabayan

Sumber Gambar: IDN Times

Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jatim menukarkan USD50 juta atau Rp740 miliar pada Bank Indonesia (BI).

Ketua Forkas Jatim Nur Cahyudi, menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk simpati untuk Indonesia yang sedang mengalami pelemahan ekonomi. Dengan dilakukan penjualan uang dolar diharapkan bisa meng-influence pengusaha-pengusaha lain di Indonesia untuk menukarkan uang dollarnya menjadi Rupiah.

Acara 'Aksi Jual US Dollar' digelar di Hotel Majapahit, Surabaya, dan akan dihadiri oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko. Acara tersebut diadakan oleh 37 asosiasi sektoral yang memiliki anggota lebih dari 10.000 perusahaan. Selain Moeldoko, hadir pula Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan perwakilan dari Bank Indonesia.


Langkah lainnya untuk memperkuat rupiah

Kamu tidak punya cukup banyak mata uang dollar untuk ditukarkan ke rupiah? Tenang!

Ternyata masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk berpartisipasi menyelamatkan mata uang garuda.

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana caranya? Tunggu kelanjutan artikel berikutnya di Simas Ajarinvestasi ya! :) 

 

 

SUMBER:

Tribunnews

CNBC Indonesia

Detik

Tempo

Okezone