Sekolah Pasar Modal, Edukasi Pasar Modal untuk Investor Pemula

Sekolah Pasar Modal, Edukasi Pasar Modal untuk Investor Pemula

Apa sih Sekolah Pasar Modal itu? Tertarik ingin berinvestasi saham tetapi tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni dibidangnya? Masih merasa membutuhkan informasi lebih tidak hanya sekedar searching di internet? Kira - kira ada tidak ya metode lain agar bisa lebih mendapatkan pengetahuan dibidang saham agar lebih mengenalnya?

Tentu saja ada, anda bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti salah satu metode edukasi pasar modal, yaitu ‘Sekolah Pasar Modal’ (SPM). Apa itu SPM? Yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui infonya.


Apa itu Sekolah Pasar Modal?

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi, yang diselenggarakan secara rutin dan berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) mengenai pasar modal.

Program ini biasanya diselenggarakan selama satu hari, mulai dari puul 09.00 WIB - 16.00 WIB. SPM ini sendiri dibagi menjadi 2 level yaitu, Level 1 dan Level 2 dengan materi pembelajaran yang berbeda pula.

Sekolah Pasar Modal diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan awareness di kalangan masyarakat mengenai pasar modal, serta manfaat berinvestasi di pasar modal. Setiap peserta yang telah mengikuti Sekolah Pasar Modal, juga akan mendapatkan sertifikat langsung dari Bursa Efek Indonesia.


Sekolah Pasar Modal Level 1 (SPM Level 1)

SPM Level 1, berisi mengenai edukasi kepada masyarakat tentang pengetahuan dasar pasar modal, seperti arti dari pasar modal, tujuan, manfaat, dan mekanisme dalam berinvestasi di pasar modal. Untuk mengikuti SPM level 1, peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah).

Biaya pendaftaran ini akan dikembalikan kepada peserta SPM, dalam bentuk seperti sebuah saldo pasar modal yang dapat digunakan untuk berinvestasi di pasar modal.


Sekolah Pasar Modal Level 2 (SPM Level 2)

SPM Level 2 diperuntukkan untuk para investor yang sudah mempunyai pengetahuan sebelumnya mengenai pasar modal, dan telah menjadi investor saham. Bukti kepemilikan saham dapat dilakukan dengan, membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi sebelumnya.

Bagaimana jika anda belum mempunyai trading confirmation tersebut? Apakah bisa mengikuti SPM level 2?

Tenang, SPM level 2 masih tetap bisa diikuti jika anda adalah salah satu peserta SPM pada sesi pagi yaitu level 1. Pada sesi kedua, peserta SPM akan mendapatkan pengetahuan mengenai. bagaimana menganalisis secara teknikal dan fundamental untuk memilih saham yang akan diinvestasikan.


Yuk daftarkan diri anda segera di Sekolah Pasar Modal, dan jadikan investasi saham sebagai gaya hidup untuk mempersiapkan masa depan. Caranya cukup mudah hanya dengan mengakses website melalui http://sekolahpasarmodal.idx.co.id.

Selain itu, Sinarmas Sekuritas juga bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia untuk mengadakan SPM loh, seperti kegiatan SPM di Sinarmas Sekuritas cabang Tegal.