Reksadana Pasar Uang, Sedikit Namun Lama - Lama Menjadi Bukit

Reksadana Pasar Uang, Sedikit Namun Lama - Lama Menjadi Bukit

Peribahasa sedikit - sedikit lama - lama menjadi bukit bisa menjadi salah satu peribahasa yang menggambarkan apa itu reksadana pasar uang. Melalui peribahasa ini, kita semua diajarkan untuk mulai memupuk sebuah tabungan atau investasi, yang walaupun memiliki penambahan yang sedikit, namun dapat menjadi banyak dikemudian harinya.

Nah, konsep reksadana pasar uang, ternyata hampir sama dengan konsep dari peribahasa tadi. Sebelum membahasnya lebih lanjut, kenali dulu yuk apa sih yang dimaksud dengan reksadana pasar uang?

Definisi Reksadana Pasar Uang

Reksadana Pasar Uang atau RDPU adalah salah satu dari sekian jenis produk reksadana, dimana portofolionya dikelola dalam produk pasar uang. Produk pasar uang yang dimaksud adalah meliputi deposito dan juga surat utang berjangka pendek dibawah 1 tahun. RDPU, termasuk dalam golongan reksadana terbuka atau reksadana yang dapat dibeli oleh masyarakat bebas melalui pasar modal selama hari bursa berlangsung.

Tingkat Resiko RDPU

RDPU memiliki tingkat risiko yang tergolong rendah, oleh karena itu, sesuai dengan hukum utama berinvestasi reksadana, yaitu Low Risk - Low Return, High Risk - High Return, RDPU memiliki tingkat risiko yang tergolong rendah, namun juga tingkat return yang tidak terlalu tinggi. RDPU cocok untuk investasi jangka pendek (kurang dari 1 tahun), sebagai pelengkap instrumen deposito dan tabungan. Karena pada dasarnya, tujuan diluncurkannya produk RDPU adalah, untuk menjaga likuiditas dan juga pemeliharaan modal.

Siapa yang cocok berinvestasi di RDPU?

Investasi pada instrumen RDPU, cocok untuk para investor individiu atau retail yang memiliki sifat profil risiko ‘konservatif’. Untuk mengetahui tipe profil risiko anda, ikuti Kuis Profil Risiko Investormu. Dengan kata lain, jenis instrumen investasi ini cocok, untuk investor individu yang baru mau memulai untuk terjun di dunia investasi reksadana. Serta juga cocok, bagi investor yang menginginkan jenis investasi dalam jangka pendek dibawah satu tahun.


Nah itu tadi adalah penjelasan singkat dan mendasar mengenai reksadana pasar uang, ikuti terus ya artikel Simas Ajarinvestasi berikutnya karena akan ada info mengenai reksadana pasar uang berikutnya :D