Reksa Dana ETF, Trend Baru Investasi dengan Peluang Market Menggiurkan

Reksa Dana ETF, Trend Baru Investasi dengan Peluang Market Menggiurkan

Apa itu Reksadana ETF?

reksadana ETF (Exchange Traded Fund) adalah salah satu bentuk investasi reksadana yang diperdagangkan oleh bursa efek. Jika biasanya investor yang ingin berinvestasi reksadana hanya bisa membeli unit reksadana melalui sebuah manajer investasi, nah untuk ETF sendiri, investor dapat melakukan pembelian melalui bursa efek di pasar sekunder, atau melalui broker seperti Sinarmas Sekuritas.

Jika dibeli di bursa efek berarti mirip dengan saham dong?

Investasi reksadana ETF (exchange traded fund) sebenarnya menyerupai gabungan dari reksadana dengan saham umum (common stock).

Perbedaan reksadana ETF dan reksadana pada umumnya apa sih?

Reksadana ETF merupakan gabungan antara reksadana dengan saham yang dijual di bursa efek indonesia. Lalu apa perbedaan spesifik antara reksadana ETF dan juga reksadana pada umumnya?

Berikut ini adalah perbedaan mendasarnya yang sudah dirangkum dalam bentuk tabel

 

Perbedaan

Reksadana Saham

Reksadana ETF

Penjual

Melalui Manajer Investasi

Melalui pasar sekunder atau broker

Satuan

Unit NAB

Unit Kreasi

Penetapan harga per unit penyertaan

di update 1x per hari melalui NAB saat perdagangan berakhir

selalu update, ditentukan oleh transaksi antar investor di pasar.

Minimum Investasi

Tergantung masing - masing MI

Tidak ada



Nah demikian penjelasan singkat mengenai ETF dan juga perbedaan nya dengan reksadana pada umumnya. Apakah anda tertarik untuk berinvestasi di ETF?

Ikuti terus artikel di Simas Ajarinvestasi tentang Reksadana ETF.

Untuk info lebih lanjut mengenai reksadana ETF, dapat menghubungi Customer Service Sinarmas Asset Management 021 - 50507000.


12 September 2018, Sinarmas Asset Management baru saja melakukan launching produk terbaru yaitu Reksa Dana Indeks Simas ETF IDX 30 yang akan dijual pada pasar bursa dengan kode ‘XSBC’.

Produk ini merupakan hasil kerjasama antara Sinarmas Asset Management dengan Dealer Partisipan yaitu Sinarmas Sekuritas. Untuk membaca lebih lanjut informasi peluncuran reksa dana ETF, silahkan klik di sini.