Prospektus Reksa Dana, Tumpuan Investor Sebelum Berinvestasi

Prospektus Reksa Dana, Tumpuan Investor Sebelum Berinvestasi

Apakah anda pernah mendengar apa itu Prospektus Reksa Dana? Sebagai salah satu bentuk investasi yang diawasi oleh lembaga resmi Negara dan ditawarkan oleh sebuah perusahaan yang memiliki izin, Reksa Dana tentu saja memiliki sebuah ‘kitab’ atau catalog.


Sebagai calon investor yang akan membeli produk reksa dana, catalog ini tentu sangat dibutuhkan agar lebih mengenal dan paham mengenai masing – masing produk yang ditawarkan. Catalog tersebut juga menjadi salah satu daya tarik para calon investor agar semakin yakin untuk menitipkan dana mereka di suatu perusahaan Manajer Investasi.

Bahkan, Otoritas Jasa Keuangan sendiri juga mengeluarkan sebuah aturan untuk mewajibkan calon investor membaca Prospektus Reksadana sebelum membeli produk. Namun apakah anda telah memahami apakah Prospektus Reksa Dana? Bagaimana Bentuknya dan fungsi utamanya?

Untuk itu, mari simak artikel berikut ini yang akan mengupas mengenai Prospektus Reksa Dana.

Apa yang dimaksud dengan Prospektus Reksa Dana?

Berdasarkan kesimpulan yang ditarik dari Undang – Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995, definisi prospektus itu sendiri adalah

“sebuah ringkasan dokumen yang menjelaskan mengenai produk reksadana yang akan ditawarkan serta syarat dan ketentuan-ketentuan yang menyangkut hal investasi reksa dana itu sendiri.”

Gambaran lainnya adalah, prospektus mirip seperti sebuah polis dari suatu produk asuransi yang berisi mengenai penjelasan serta syarat dan ketentuan produk reksa dana. Namun sayangnya, saat ini masih banyak investor yang kurang berminat untuk membaca dan memahami prospektus secara terperinci karena konten/isi prospektus yang lumayan tebal dan banyak.  

Darimana Prospektus Reksa Dana didapatkan?

Prospektus reksa dana bisa anda dapatkan melalui perusahaan Manajer Investasi tertentu yang menawarkan produknya. Prospektus reksa dana biasanya disajikan oleh Manajer Investasi dalam bentuk online yang dapat diakses melalui website resmi perusahaan seperti produk reksadana Sinarmas Asset Management pada website www.sinarmas-am.co.id atau secara offline melalui agen reksa dana yang menawarkan produk.

Apa Saja yang Disusun dalam Sebuah Prospektus Reksa Dana?

Berdasarkan peraturan dari Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM), sebuah prospektus harus memiliki beberapa unsur berikut ini:

  1. Prospektus harus mencakup semua rincian dan fakta material mengenai produk dan ketentuan reksa dana, serta seluruh informasi mengenai pihak terkait yang mengelola dana yang ditampung yang memungkinkan dapat merubah pikiran seorang calon investor reksa dana.
  2. Prospektus harus dibuat sedemikian rupa sehingga jelas dan komunikatif. Fakta-fakta dan pertimbangan yang paling penting harus dibuat ringkasannya dan diungkapkan pada bagian awal Prospektus. Informasi tersebut dirasa penting sebagai penunjang untuk memberi keyakinan calon investor bahwa perusahaan Manajer Investasi yang sedang menawarkan produk reksadana nya adalah perusahaan yang kredibel.
  3. Prospektus Reksadana tidak diperbolehkan berisi gambar, foto, diagram, maupun grafik yang sulit dimengerti atau dapat menyesatkan calon investor reksadana.

Berapa kali sebaiknya Prospektus dibaca?

Prospektus sebagai pedoman investor mengenai ketentuan sebuah produk reksa dana akan diperbaharui informasinya setiap tahun, oleh karena itu sebagai investor reksadana, alangkah baiknya jika anda membaca prospektus dari Manajer Investasi setiap tahunnya.

Oleh karena itu, mulailah menjadi investor yang teliti dengan memiliki kebiasaan membaca prospektus reksadana sebelum mulai berinvestasi. Contoh prospektus reksadana dapat diakses melalui www.sinarmas-am.co.id pada kategori produk.

Selamat membaca!