Pemilihan Manajer Investasi yang Tepat, Kunci Menghindari Reksadana Bodong

Pemilihan Manajer Investasi yang Tepat, Kunci Menghindari Reksadana Bodong

Bagaimana Cara Terhindar dari Investasi Reksadana Bodong?

Mengenal perusahaan Manajemen Investasi yang akan ditunjuk juga sangat penting agar investasi  dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari investasi reksadana bodong. Reksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang dalam pelaksanaan nya memerlukan manajemen dan pemantauan yang ketat serta konsisten oleh sebuah Manajer Investasi (MI).

Hal ini sesuai dengan Undang - Undang yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Undang – Undang Nomor 8 tahun 1995 Pasal 11,

“Setiap kegiatan investasi reksadana memerlukan pengelolaan dari  sebuah Manajer Investasi atau pihak yang kegiatan usahanya mengelola  portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi  kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun,  dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.”

Seiring dengan perkembangan zaman, jumlah Manajer Investasi juga semakin bertambah, hingga bulan Februari 2018 tercatat sebanyak 83 perusahaan Manajer Investasi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Jumlah ini memberi keuntungan tersendiri bagi investor agar dapat memilih Manajer Investasi yang dirasa paling cocok dan terpercaya untuk mengelola modal yang telah dipercayakan.

Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam memilih perusahaan Manajer Investasi yang tepat:

1. Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Investasi reksadana bodong yang sedang marak belakangan pada umumnya, berasal dari penawaran produk seperti reksadana oleh sebuah lembaga perusahaan yang tidak terdaftar secara resmi di OJK, sehingga tidak dapat diawasi kegiatan usahanya.

Untuk memastikan Manajer Investasi yang akan anda pilih legal atau tidak, OJK memberikan metode yang lebih mudah bagi para investor yaitu dengan melakukan pengecekan melalui website resmi www.ojk.go.id

Salah satu contoh perusahaan Manajer Investasi yang terdaftar di OJK adalah Sinarmas Asset Management

2. Riwayat Kinerja Manajer Investasi

Sebelum memutuskan untuk mempercayakan modal anda kepada sebuah Manajer Investasi dalam bentuk reksadana, melakukan pengecekan mengenai kinerja historis juga penting untuk dilakukan, guna mendapatkan gambaran tingkat fluktuasi yang biasanya dicapai minimal selama satu tahun belakangan dengan mempelajari prospektus reksadana nya.

Dengan mengetahui riwayat prestasi yang dicapai, investor dapat sedikit mendapatkan gambaran meskipun riwayat tersebut tidak bisa dijadikan jaminan referensi return yang akan didapat di masa yang akan datang.

3. Kualitas Pelayanan Manajer Investasi

Tips ketiga dalam menentukan Manajer Investasi yang tepat adalah mengetahui kualitas pelayanan Manajer Investasi itu sendiri. Sebagai pihak yang mengelola modal investor, memberikan kenyamanan dalam berinvestasi wajib untuk dilakukan. Kroscek terlebih dahulu seberapa cepat, tanggap, dan transparan perusahaan Manajer Investasi dalam memberikan informasi kepada investor mereka agar anda dapat berinvestasi dengan tenang dan nyaman.

4. Besar Aset Kelolaan

Besar Aset Kelolaan yang dimiliki oleh Manajer Investasi penting untuk diperhatikan. Besar aset kelolaan ini sendiri memiliki arti seberapa besar dana yang dikelola oleh Manajer Investasi itu.

Karena semakin besar nilai aset kelolaan yang dikelola, maka akan semakin efisien pengelolaan dana investasinya serta semakin baik potensi fluktuasi yang akan diterima di masa yang akan datang.

Selain itu, besarnya aset kelolaan juga dapat menjadi bukti bahwa banyak pihak yang mempercayakan modal mereka kepada Manajer Investasi tersebut.

5. Potongan Biaya

Pelajarilah struktur potongan biaya yang dipungut oleh Manajer Investasi. Pemungutan biaya tersebut biasanya dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Biaya pembelian reksadana
  2. Biaya pengelolaan reksadana
  3. Biaya penarikan reksadana.

Pilihlah perusahaan Manajer Investasi yang menguntungkan bagi anda tanpa harus mengalami banyak potongan.


Setelah mengetahui tips dalam memilih Manajer Investasi yang tepat, kini tiba waktunya bagi anda untuk menjadi seorang Investor reksa dana.

Yuk mari berinvestasi! Sinarmas Asset Manajemen sebagai salah satu perusahaan Manajer Investasi yang terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK siap untuk melayani anda dengan pelayanan serta produk terbaik dan menguntungkan.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website www.sinarmas-am.co.id atau Hotline di nomor +62 (021)-50507000