Masih Ragu Berinvestasi? Kenali Dulu Manfaat Investasi Saham Berikut Ini

Masih Ragu Berinvestasi? Kenali Dulu Manfaat Investasi Saham Berikut Ini

 

Mengapa Harus Mengenal Manfaat Investasi Saham?

Belum banyak masyarakat  Indonesia yang melek akan Manfaat investasi saham. Seperti pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’, mengenal manfaat investasi saham sangat penting untuk dilakukan. Karena jika tidak dikenali terlebih dahulu, bagaimana mereka dapat tertarik dan berkecimpung menjadi investor?

Padahal, keberadaan investor saham sangat baik bagi kemajuan kondisi ekonomi negara. Bahkan kini, Bursa Efek Indonesia (BEI) juga turut mengkampanyekan mengenai literasi saham yang dikemas menjadi ‘Yuk Nabung Saham’ agar semakin banyak warga Indonesia yang mengenal investasi saham beserta dengan segudang manfaatnya.

Nah tidak hanya BEI yang akan memberikan pengetahuan mengenai manfaat investasi saham, kali ini Ajar Investasi juga akan membahas manfaat – manfaat apa saja yang akan didapatkan sebagai investor saham.

Melawan Laju Inflasi

Manfaat investasi saham yang pertama adalah untuk melawan laju inflasi. Indonesia sering kali dihadapkan dengan sebuah inflasi sehingga nilai tukar uang akan terus menurun dan meningkatnya biaya hidup seseorang. Lalu apa hubungan inflasi dengan berinvestasi saham?

Besar persenan dari peluang keuntungan berinvestasi saham tentu bisa lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai laju inflasi di Indonesia. Oleh karena itu, hasil dari berinvestasi saham dapat dijadikan rekomendasi bagi para calon investor untuk tetap tenang disaat adanya inflasi karena telah melakukan sebelumnya dengan memiliki cadangan tabungan.

Besaran return yang bisa didapatkan dari berinvestasi saham, membuat anda sebagai investor tidak perlu takut akan terjadinya inflasi karena jumlahnya bisa lebih besar jika dibandingkan dengan tingkat laju inflasi.

Memiliki Potensi Berkembang yang Cukup Tinggi

Sebagai bentuk nyata melawan inflasi, artinya investasi saham memiliki potensi peluang berkembang yang cukup tinggi dalam hal keuntungan. Walaupun segala bentuk investasi memiliki resiko tersendiri. Kondisi saham yang bagus dan berpotensi tentu saja akan memiliki nilai yang terus melonjak setiap tahunnya.

Bisa dibayangkan jika kita bertahan dalam investasi saham selama 10 tahun dengan kondisi yang terus melonjak naik, berapa banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan? Fantastis tentunya!

Merencanakan Masa Depan

Memiliki sebuah tabungan yang dipersiapkan dari jauh hari membuat kita bisa mempersiapkan masa depan seperti apa yang kita inginkan. Sedikit – sedikit lama – lama menjadi bukit. Tabunglah setiap Return yang kamu dapatkan dari investasi saham meski jumlahnya tidak banyak.

Dengan memiliki tabungan sejak dini, masa depan kita dapat lebih tertata, aman, dan tenang tanpa adanya rasa khawatir dari segi financial. Selain itu, tabungan yang kita miliki juga akan semakin banyak jumlahnya. Mengapa?

Ya tentu saja anda dapat menyisihkan uang untuk menabung dari penghasilan anda bekerja setiap bulannya, dan ditambah lagi dari hasil keuntungan berinvestasi saham.

Mudah untuk Dilakukan Siapa Saja, Kapan Saja, Dimana Saja

Di era digitalisasi seperti sekarang, menabung saham dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kini bertransaksi saham sudah dapat dilakukan melalui online, selain itu informasi mengenai saham itu sendiri juga dapat diakses di internet sehingga calon investor lebih cepat untuk belajar mengenal saham.

Sinarmas Sekuritas memfasilitasi investor sahamnya dengan aplikasi trading saham online melalui telepon seluler yaitu Simas Mobile. Dengan Simas Mobile, kegiatan bertansaksi saham dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa repot!

Selain itu, bagi investor pemula terdapat juga fasilitas pendaftaran rekening saham melalui website resmi Sinarmas Sekuritas, sehingga calon investor tidak perlu repot untuk mengunjungi cabang hanya untuk mendaftar. Untuk pendaftaran sebagai nasabah secara online bisa klik di sini

Mendapatkan Dividen

Keuntungan lain yang bisa didapatkan melalui menabung saham adalah Dividen. Apa itu Dividen?

Dividen adalah keuntungan suatu perusahaan yang kita beli sahamnya, keuntungan tersebut kemudian akan dibagikan kepada pemegang saham. Namun tidak semua keuntungan akan dibagikan, karena sebagian keuntungan lainnya akan dikelola serta diinvestasikan kembali demi kepentingan operasional dan kemajuan perusahaan.


Itu tadi adalah 5 manfaat investasi saham yang bisa anda dapatkan sebagai seorang investor.

Bagaimana? Sudah yakin untuk berinvestasi? ?