Manfaat Pasar Modal yang Perlu Kamu Ketahui (Part 1)

Manfaat Pasar Modal yang Perlu Kamu Ketahui (Part 1)

Manfaat Pasar Modal

Halo SMART Investor! Ajarinvestasi kali ini akan membahas mengenai manfaat pasar modal. Tahukah kamu jika keberadaan pasar modal memberikan banyak sekali manfaat untuk berbagai pihak. Salah satunya adalah bagi negara kita Indonesia. Nah apa saja sih manfaat pasar modal bagi Indonesia? Yuk simak artikelnya :D

1. Membuka Kesempatan Lapangan Kerja Baru

Manfaat pasar modal bagi negara yang pertama adalah membantu menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi jumlah pengangguran. Salah satu profesi pekerjaan yang diciptakan berkat adanya pasar modal adalah Trader Saham, dan tim research untuk memantau kondisi saham yang ada.

Apa itu trader saham? Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai trader saham, dapat dilihat di artikel Penjelasan Mengenai Trader Saham ini ya.

Selain itu, kondisi keuangan dan juga permodalan perusahaan yang semakin aktif berkat pasar modal, juga dapat membuat perusahaan banyak membutuhkan tenaga karyawan baru untuk perusahaan mereka yang semakin berkembang.

2. Salah Satu Sumber Pendapatan Negara

Manfaat yang kedua adalah pasar modal berfungsi sebagai salah satu sumber pendapatan negara. Kenapa Bisa? Tentu saja bisa. Setiap pajak yang dikenakan dalam kegiatan transaksi saham, akan masuk sebagai salah satu penghasilan negara dan disimpan dalam kas.

Kebayangkan jika semakin banyak transaksi saham yang dilakukan di pasar modal, maka akan semakin besar juga pendapatan negara kita yang terbantu berkat pasar modal

3. Membantu Menjalankan Roda Perekonomian

Manfaat pasar modal yang selanjutnya adalah pasar modal dapat membantu menjalankan roda perekonomian negara kita loh. Dengan bertumbuhnya para investor yang membeli saham suatu perusahaan, maka perusahaan tersebut memiliki dana segar yang baru dan kesempatan untuk membuat bisnis lebih maju. Dengan kemajuan bisnis berbagai pihak, maka berbanding lurus juga dengan kemajuan ekonomi negara itu.

Jadi dapat disimpulkan, keberadaan pasar modal dapat membantu meningkatkan kondisi ekonomi negara, dengan memberikan suntikan dana segar sebagai kesempatan berbagai pelaku usaha untuk lebih mengembangkan bisnis mereka.

4. Menarik Investor Asing untuk Menanamkan Modal

Manfaat terakhir dari kehadiran pasar modal adalah untuk menarik investor asing agar menanamkan modalnya di pasar modal Indonesia. Apa keuntungan yang didapat jika investor asing menanamkan modal di Indonesia?

Dengan banyaknya investor asing yang menanamkan modalnya, perusahaan yang mendapatkan dana segar dari saham akan semakin berkembang maju secara pembukuan keuangan.

Sama seperti point diatas, jika hal itu terjadi, maka perekonomian negara juga semakin kuat karena negara kita sudah selangkah lebih maju menjadi negara yang produktif dengan bisnis yang banyak menghasilkan berbagai macam produk.


Demikian artikel manfaat pasar modal bagi negara kali ini. Selain keempat manfaat diatas, tentu saja masih banyak manfaat lainnya yang didapat bagi Indonesia dari keberadaan pasar modal.

Oleh karena itu, kita semua sebagai warga negara Indonesia yang baik yuk dukung terus agar pasar modal semakin dapat memajukan negara kita dengan cara ikut serta menjadi investor di pasar modal.

Caranya tidak sulit loh, contohnya hanya dengan modal Rp 100.000,- kamu sudah bisa ikut serta berpartisipasi menjadi investor di reksadana! Jangan kemana - mana ya, karena masih ada Part 2 dari manfaat pasar modal :D

Ikuti terus Simas AjariInvestasi ya..