Manfaat Pasar Modal Bagi Masyarakat Indonesia (Part 2)

Manfaat Pasar Modal Bagi Masyarakat Indonesia (Part 2)

Hello SMART Investor kali ini Simas Ajarinvestasi akan membahas mengenai manfaat pasar modal bagi masyarakat luas, setelah sebelumnya membahas mengenai manfaatnya bagi negara dan pemerintah.

Sebagai warga negara Indonesia, pernah gak sih terpikirkan oleh kalian, apakah pasar modal yang selama ini dikampanyekan oleh banyak pihak, juga memiliki manfaat bagi masyarakat yang belum terjun langsung menjadi investor?

Tentu saja ada dong :)

Langsung saja yuk kita simak manfaat apa saja yang ditawarkan oleh pasar modal bagi masyarakat Indonesia :D

1. Menambah Alternatif Lapangan Pekerjaan

Ternyata, manfaat menambah lapangan pekerjaan tidak hanya berlaku bagi pemerintah dan negara, namun juga berlaku bagi masyarakat Indonesia. Masih sama dengan penjelasan pada artikel manfaat pasar modal sebelumnya, dengan adanya pasar modal yang memberi suntikan dana segar bagi perusahaan, perusahaan dapat semakin produktif.

Dengan semakin produktifnya perusahaan, maka jumlah permintaan tenaga kerja juga akan semakin bertambah untuk mengimbanginya. Selain itu, jumlah tenaga ahli untuk menganalisis dan bekerja di bidang pasar modal juga semakin bertambah, jika pelaku pasar modal juga semakin naik.

Untuk Membaca artikel manfaat pasar modal bagian pertama, dapat di klik di sini.

2. Memberi Kesempatan Masyarakat yang Ingin Menjadi Investor

Manfaat kedua dari keberadaan pasar modal adalah, dapat memberi kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjadi investor, tanpa keraguan harus berinvestasi dengan modal yang tinggi. Biasanya, berinvestasi di pasar modal seperti investasi saham atau reksadana, identik dengan modal yang besar.

Namun kini tidak lagi, karena  untuk menjadi investor di pasar modal, sudah bisa dimulai dengan biaya yang minim. Masa sih? Tentu saja!

Contohnya adalah melalui investasi reksadana, calon investor kini sudah bisa berinvestasi hanya dengan Rp 100.000,- rupiah.

Tidak hanya itu, investasi saham juga sudah ditetapkan aturan baru yang berlaku, sehingga minimum biaya pembelian sahamnya sudah dapat dijangkau dengan modal Rp 100.000,- atau bahkan dibawah angka tersebut :)

3. Masyarakat Memiliki Alternatif Investasi yang Beragam

Investasi emas, atau properti pasti sudah menjadi jenis investasi yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Tetapi, lagi - lagi membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi mengingat harga property yang semakin hari kian melambung tinggi.

Dengan adanya pasar modal, masyarakat di Indonesia kembali diberikan kesempatan, untuk menata masa depan melalui jenis investasi yang lebih beragam dan biaya yang ‘terjangkau’. Sehingga kini, kalangan masyarakat yang dapat berinvestasi dan menata masa depan finansial mereka semakin luas cakupannya.

4. Mempermudah untuk Mendapat dan Menikmati Produk Hasil Usaha Perusahaan

Manfaat pasar modal bagi masyarakat selanjutnya adalah, adanya pasar modal dapat memberi kesempatan untuk masyarakat agar dapat menikmati inovasi produk dari suatu perusahaan, dikarenakan perusahaan mendapatkan suntikan dana yang memungkinkan untuk pengembangan usaha dan produknya.

Selain itu, Pasar modal juga memungkinkan masyarakat untuk lebih mudah memperoleh barang konsumsi, karena perusahaan yang mendapatkan dana dari pasar modal, dapat memasarkan produknya dengan baik, sehingga distribusi lebih merata.


Nah demikian 4 manfaat pasar modal bagi masyarakat versi Simas Ajarinvestasi. Tentu saja masih banyak lagi manfaat pasar modal lainnya yang sangat membantu masyarakat. Oleh karena itu, yuk mulai berpartisipasi untuk menjadi investor di apsar modal.

Kebayang kan, masyarakat yang belum berpartisipasi menjadi investor saja, sudah merasakan banyak manfaat dari pasar modal. Jika kamu menjadi investor, pastinya akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi bukan? :D

Untuk info lebih lanjut mengenai investasi pasar modal khususnya investasi reksadana dan saham, dapat diakses melalui www.sinarmas-am.co.id dan www.sinarmassekuritas.co.id