Macam - Macam Jenis Investasi Syariah, Memberi Banyak Pilihan Untuk Berbuat Baik

Macam - Macam Jenis Investasi Syariah, Memberi Banyak Pilihan Untuk Berbuat Baik

Kenali Jenis Investasi Syariah di Indonesia

Kenali yuk jenis investasi syariah agar semakin mudah dalam membuat keputusan investasi apa yang ingin anda jalankan. Setelah banyak membahas mengenai investasi syariah seperti keuntungan, definisi, serta indeks yang digunakan. Kini tiba saatnya Simas Ajarinvestasi untuk membahas mengenai jenis investasi syariah yang biasanya dipilih masyarakat di Indonesia.

Apa saja sih jenis investasi syariah nya? Yuk langsung saja kita simak. Berikut ini adalah 4 jenis investasi berbasis syariah versi Simas Ajarinvestasi

1. Efek Syariah

Jenis investasi syariah yang kedua adalah Efek Syariah atau Saham syariah. Seperti yang sudah pernah dijelaskan pada artikel sebelumnya, berinvestasi pada saham syariah sebenarnya memiliki konsep yang sama.

Hanya saja daftar perusahaan yang bisa dipilih untuk dibeli sahamnya terbatas. Hanya perusahaan yang sudah dinilai masuk dan lulus uji bahwa jenis usahanya halal dan tidak mengandung riba.

2. Investasi Emas

Jenis investasi syariah yang berikutnya adalah investasi emas. Investasi dalam bentuk logam mulia tentu saja sudah banyak dilakukan oleh berbagai masyarakat sejak lama dan juga tidak perlu diragukan lagi. Karena mengingat harga emas yang cenderung terus meningkat, keuntungan yang didapatkan juga tidak termasuk dalam bentuk riba.

3. Obligasi Syariah

Pada dasarnya, obligasi syariah adalah surat hutang dari sebuah perusahaan atau surat berharga dalam jangka panjang, yang memenuhi syarat syariah. Obligasi ini biasanya dikeluarkan oleh sebuah perusahaan kepada pemegang obligasi. MUI juga sudah pernah mengeluarkan fatwa mengenai investasi pada obligasi syariah dan juga obligasi syariah mudharabah. Untuk Membaca Fatwa MUI mengenai obligasi syariah dapat di klik disini Fatwa Obligasi Syariah MUI

4.  Reksadana Syariah

Investasi reksadana berbasis syariah termasuk dalam salah satu jenis investasi syariah yang halal dan menguntungkan. Selain itu, keunggulan dari reksadana syariah ini adalah mendapatkan pengawasan langsung dari Dewan Pengawas Syariah MUI. Oleh karena itu, investor yang menanamkan modal investasinya pada jenis investasi ini, sudah tidak perlu takut lagi bahwa pengelolaan dana nya akan disalah gunakan sehingga berujung pada riba.

Investasi reksadana syariah sendiri, jika dari segi modal investasi juga tidak jauh berbeda dengan reksadana biasanya. Anda sudah dapat memulai untuk menjadi investor hanya dengan modal Rp 100.000,- seperti pada produk reksadana Sinarmas Syariah Unggulan. Pembukaan rekening nya pun sangat mudah, bisa melalui online sehingga sangat menghemat waktu tidak perlu repot - repot datang ke kantor cabang.

Contohnya dengan menggunakan aplikasi Simas Fund Apps dari Sinarmas Asset Management. Untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai Simas Fund Apps, dapat di klik pada link Informasi Simas Fund Apps