Kiat Investasi Sukses Ala Lo Kheng Hong, 'Bapak Investasi' Indonesia

Kiat Investasi Sukses Ala Lo Kheng Hong, 'Bapak Investasi' Indonesia

 

Lo Kheng Hong, Bapak Investasi Indonesia

Lo Kheng Hong adalah salah satu figur sukses pada bidang investasi saham berjangka panjang di Indonesia, dan juga disebut - sebut sebagai Warren Buffet versi Indonesia. Warren Buffet, merupakan tokoh investor paling sukses di Amerika Serikat.

Terlahir dari keluarga yang sederhana, tidak mematahkan semangatnya untuk menjadi pribadi yang sukses, kini Lo Kheng Hong tercatat memiliki aset saham bernilai Rp 2.5 T pada tahun 2012 loh! Nah, seperti apa sih kiat Lo Kheng Hong dalam memilih saham yang baik untuk dijadikan investasi?

Yuk simak artikel berikut ini

1. Perhatikan Management nya apakah dikelola dengan Professional

Sebutan ‘Management’ yang dimaksud, bisa mengarah kepada perusahaan si penjual saham. Sebelum memutuskan untuk membeli sahamnya, coba perhatikan dulu apakah perusahaan tersebut memiliki management yang professional, berintegritas, serta apakah perusahaan tersebut dikagumi dan memiliki image yang baik di mata masyarakat? Mengapa hal diatas perlu diperhatikan?

Tentu saja sangat penting sebagai salah satu analisa kinerja perusahaan tersebut di masa yang akan datang, mengingat naik turunnya harga saham yang ada juga bergantung dari bagaimana Image perusahaan di mata masyarakat.

2. Perhatikan Masa Depan Bisnisnya

Bagaimana caranya kita untuk dapat melihat masa depan bisnis? Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menganalisis kinerja perusahaan tersebut selama 5 - 10 tahun kebelakang, walaupun memang kinerja historis ini tidak bisa dijadikan suatu jaminan kedepannya.

Namun, dengan cara menganalisis kinerja historisnya, anda dapat memiliki bayangan tersendiri apakah perusahaan yang akan kita pilih, terlihat memiliki prospek yang terus naik dan berkembang atau tidak selama 5 - 10 tahun sebelumnya.

Menganalisis masa depan bisnis perusahaan sangat penting untuk dilakukan, agar menghindari jatuhnya harga saham akibat kinerja perusahaan yang buruk dan bangkrutnya perusahaan.

3. Pilih Perusahaan dengan Laba Bersih Tinggi

Pilihlah perusahaan dengan laba bersih yang tinggi atau dengan kata lain memiliki keuntungan netto yang besar. Lantas bagaimana anda mengetahui laba bersih dari suatu perusahaan? Laba bersih perusahaan tertentu didapatkan melalui penghitungan hasil Return of Equity (ROE)  dengan cara:

ROE = Keuntungan setelah Pajak : Pembagian hak pemegang saham

Return of equity atau ROE  digunakan sebagai acuan mengukur seberapa efisien sebuah perusahaan menggunakan uang dari pemegang saham, untuk menghasilkan keuntungan dan menumbuhkan perusahaannya.

4. Bandingkan Price Earning Ratio (PER) dan Price To Book Value (PBC) dengan perusahaan kompetitor

Agar dapat membandingkan keduanya, tentu saja anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan Price Earning Ratio (PER) dan Price To Book Value (PBC). Price Earning Ratio adalah suatu rasio yang menggambarkan bagaimana keuntungan perusahaan terhadap harga sahamnya.

Perhitungan rasio PER dilakukan dengan cara membagi harga saham saat ini dengan keuntungan tahunan per sahamnya. Sedangkan Price to Book Value adalah  perbandingan nilai pasar suatu saham, terhadap nilai perusahaannya sendiri sehingga kita dapat mengukur tingkat harga saham apakah overvalued atau undervalued.

Semakin rendah nilai PBV suatu saham, maka saham tersebut dikategorikan undervalued. Nilai rendah PBV ini dapat disebabkan oleh turunnya harga saham, sehingga harga saham berada di bawah nilai bukunya atau nilai sebenarnya.

Status undervalued dari perusahaan dapat menjadi sebuah sinyal bagi investor, yang dapat dimanfaatkan peluangnya untuk investasi jangka panjang, namun tentu saja dengan analisis lebih lanjut, bahwa harga sahamnya akan naik kembali. Selain itu, status undervalued juga dapat menjadi petunjuk bahwa adanya penurunan kualitas kinerja perusahaan itu sendiri sehingga harga sahamnya rendah.


Nah demikian 4 tips jitu dari Bapak Investasi Indonesia Lo Kheng Hong. Bagaimana, apakah anda sudah tertarik untuk berinvestasi saham? Yuk Hubungi lebih lanjut Sinarmas Sekuritas di Hotline Service +62 (021)-3925550 atau kunjungi www.sinarmassekuritas.co.id untuk tahu lebih lanjut mengenai investasi saham.

Selamat Berinvestasi!

Sumber: Indonesia Stock Exchange