Kenali Obligasi, Sebagai Salah Satu Referensi Pilihan Investasi

Kenali Obligasi, Sebagai Salah Satu Referensi Pilihan Investasi

Jika anda merupakan salah satu investor yang ingin terjun, atau bahkan sudah terjun di dunia pasar modal. Kata Obligasi pasti sudah tidak asing lagi untuk didengar.

Sebenarnya, apa itu obligasi sehingga dapat masuk menjadi salah satu jenis investasi di pasar modal? Pembahasan Simas Ajarinvestasi kali ini, akan menjelaskan mengenai definisi obligasi, dan jenis - jenisnya.

Simak terus ya! :D

 

Apa itu Obligasi?

Obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang, yang dapat diperjualbelikan.

Obligasi berisi janji dari pihak yang menerbitkan Efek untuk membayar imbalan berupa bunga (kupon) pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada akhir waktu yang telah ditentukan, kepada pihak pembeli obligasi tersebut. ang menerbitkan obligasi ini adalah perusahaan atau pemerintah dengan jangka waktu tertentu dan nilai nominal tertentu.

Jangka waktu obligasi yang berlaku di Indonesia umumnya 1 hingga 10 tahun

Obligasi merupakan salah satu investasi Efek berpendapatan tetap yang bertujuan untuk memberikan tingkat pertumbuhan nilai investasi yang relatif stabil dengan risiko yang relatif lebih stabil juga, dibandingkan dengan saham.

Obligasi juga biasa disebut dengan sebutan Bonds..

Obligasi juga menjadi salah satu instrumen yang ada dalam sebuah reksadana. Seperti reksadana campuran, jika dilihat fund fact sheet nya, obligasi menjadi salah satu dari sekian pilihan alokasi aset dari reksadana campuran.

Merujuk pada keberadaan Obligasi Negara Ritel (ORI), data Pemerintah menunjukkan adanya peningkatan pembelian obligasi oleh investor.

Diterbitkan pertama kali tahun 2006, jumlah investor yang membeli ORI awalnya hanya 16.561 orang. Kemudian jumlahnya bertambah dari tahun ke tahun hingga pada tahun 2015 telah mencapai 214.151 orang.

Pertambahan jumlah investor tersebut menandakan minat orang terhadap obligasi yang cenderung meningkat tiap tahunnya

 

Kenapa Obligasi bisa diterbitkan?

Alasan diterbitkannya obligasi, biasanya hampir serupa dengan dijual belikannya saham kepada kalangan umum, yaitu untuk mendapatkan himpunan dana tambahan yang segar demi kelangsungan usaha.

Lantas apa bedanya antara obligasi dan saham? Untuk mengetahui bedanya, dapat dilihat melalui artikel berikut ini:

Perbedaan Obligasi dan Saham

Setelah mengetahui definisi dari Obligasi itu sendiri, tahukah kamu bahwa ternyata obligasi terbagi menjadi 3 jenis? Apa saja jenis dari obligasi?

 

3 Jenis Obligasi

1. Obligasi Pemerintah (Goverment Bonds)

Obligasi pemerintah adalah surat hutang yang diterbitkan oleh pihak pemerintah di suatu negara. Di Indonesia sendiri, obligasi pemerintah pertama kali diterbitkan pada bulan Agustus 2006 lalu.

Pemerintah menerbitkan obligasi dengan kupon tetap (seri FR - Fixed Rate), obligasi dengan kupon variable (VR - Variable Rate), dan obligasi dengan prinsip syariah atau sukuk negara.

Setiap tahunnya peminat dari obilgasi pemerintah ini semakin meningkat jumlahnya.

2. Obligasi Korporasi (Corporate Bonds)

Jenis obligasi yang kedua adalah obligasi korporate. Sesuai dengan namanya, yang menerbitkan obligasi jenis ini biasanya adalah perusahaan.

Baik perusahaan berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan swasta.

sama seperti obligasi pemerintah, obligasi korporasi terbagi atas obligasi dengan kupon tetap, kupon variable, dan juga obligasi pinsip syariah atau sukuk negara. 

Selain itu, terdapat juga jenis obligasi korporasi yang sudah masuk dalam peringkat penilaian tertentu, dan juga ada yang tidak masuk dalam peringkat.

3. Obligasi Ritel

Jenis obligasi yang terakhir adalah obligasi retail.

Apa itu obligasi retail?

Jenis obligasi ini adalah surat hutang yang diterbitkan oleh pemerintah, namun dijual kepada individu atau perseorangan melalui agen penjual yang ditunjuk


Nah demikian penjelasan definisi dan juga jenis dari obligasi yang ada di pasar modal.

Ikuti terus ya artikel dari Simas Ajarinvestasi tentang obligasi lainnya :D 

 

SUMBER:

https://www.cermati.com/artikel/apa-itu-obligasi-inilah-penjelasan-lengkapnya

https://www.analisaforex.com/mengenal-apa-itu-obligasi-dalam-dunia-investasi/

https://economy.okezone.com/read/2017/01/06/278/1584993/apa-itu-obligasi-inilah-penjelasan-lengkapnya

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/364