Kenali Manfaat Berinvestasi Reksadana bagi Investor Pemula

Kenali Manfaat Berinvestasi Reksadana bagi Investor Pemula

Investasi merupakan salah satu metode untuk menambah penghasilan dan modal tabungan di masa depan, investasi reksadana menjadi salah satu dari sekian banyak jenis investasi yang memiliki berbagai manfaat yang menggiurkan bagi para investor.

Keuntungan apa saja yang dimiliki oleh reksadana sehingga dapat digolongkan menjadi salah satu bentuk investasi? Mari simak manfaat investasi reksadana dibawah ini. 


Investasi Reksadana Dikelola Oleh Profesional

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 8 tahun 1995 Pasal 11, “Setiap kegiatan investasi reksa dana memerlukan pengelolaan dari  sebuah Manajer Investasi atau pihak yang kegiatan usahanya mengelola  portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.”

Pengelolaan modal anda dalam bentuk reksadana dilakukan oleh perusahaan Manajer Investasi yang memang sudah ahli dalam bidangnya, sehingga kinerjanya akan lebih baik dan professional.

Investasi Reksadana Dapat Dilakukan Kapan dan Dimana Saja

Salah satu manfaat dari investasi reksadana adalah waktu yang fleksibel. Kini melakukan investasi reksadana dapat dilakukan dimana saja dan dimana saja. Sesuai dengan perkembangan teknologi, investasi reksadana saat ini dapat dilakukan secara online melalui website atau aplikasi di ponsel anda.

Seperti layanan aplikasi dari Sinarmas Asset Management yaitu ‘Simas Fund’ yang mempermudah investor untuk membeli produk reksadana serta memantau perkembangan investasinya. Hanya dengan mengunduh aplikasi Simas Fund di Appstore atau Playstore pada telepon seluler anda, segala bentuk transaksi seperti pembelian atau penjualan produk, dan informasi mengenai produk reksadana dapat langsung diakses dengan mudah.

Informasi yang Transparan

Sebagai sebuah Manajer investasi yang mengelola dana banyak investor dalam bentuk reksadana, sudah wajib hukumnya untuk memberikan informasi mengenai sejauh mana pengelolaan dana dilakukan.

Pengumuman mengenai hasil pengelolaan dana tersebut juga tidak hanya ditampilkan di website saja, tetapi juga akan ditampilkan di surat kabar dalam bentuk Nilai Aktiva Bersih (NAB), sehingga tidak akan ada informasi yang ditutup-tutupi atau dimanipulasi.

Diversifikasi Pengelolaan Modal Investasi Reksadana

Untuk meminimalisir adanya kerugian dan mengoptimalkan peluang keuntungan dalam berinvestasi reksadana, proses pengelolaan dana yang dilakukan oleh Manajer Investasi tidak hanya akan mengandalkan satu instrumen saja. Dana yang telah anda ‘titipkan’ kepada Manajer Investasi akan disebar menjadi beberapa jenis seperti saham, obligasi, dan surat berharga lainnya.

Hal ini tentu dapat digambarkan seperti jika anda memiliki 10 telur dan menaruhnya di satu wadah yang sama, disaat wadah tersebut jatuh, maka semua telur yang anda miliki akan pecah dan hilang. Lain hal nya jika anda meletakkan telur-telur anda di wadah yang berbeda, jika salah satunya jatuh dan pecah, anda masih memiliki telur di wadah lain yang utuh dan dapat digunakan.

Nah setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapat melalui investasi reksadana, kini saatnya anda untuk terjun menjadi investor.

Sinarmas Asset Management sebagai perusahaan Manajer Investasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan selalu siap untuk melayani anda dengan berbagai pilihan produk reksadana. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Hotline Service Simas Asset Management di nomor +62 (021)-50507000