Kembali 'Sehatkan' Kondisi Keuangan Setelah Liburan Dengan 5 Cara Ini

Kembali 'Sehatkan' Kondisi Keuangan Setelah Liburan Dengan 5 Cara Ini

Kondisi Keuangan Setelah Liburan

Memerlukan banyak anggaran saat liburan membuat kondisi keuangan setelah liburan mulai menipis. Liburan panjang edisi idul fitri sudah berakhir nih SMART Investor. Momen liburan menjadi momen yang pas untuk bersantai dan beristirahat dari hiruk pikuk pekerjaan dan juga ramainya ibukota.

Tetapi tentu saja terdapat sebuah harga yang patut dikeluarkan untuk mendapatkan kenyamanan dan momen santai itu. Bahkan, terkadang biaya yang dibutuhkan tidak sedikit dan juga menguras kantong, sehingga banyak diantara anda yang mengalami ‘kantong kering’ setelah momen lebaran selesai, karena banyaknya pengeluaran yang digunakan.

Nah, berikut ini adalah tips yang dapat anda terapkan untuk kembali ‘menyehatkan’ kondisi keuangan setelah liburan.

Buat Prioritas Kebutuhan Utama

Mulailah atur kembali perencanaan keuangan anda, dan mulai urutkan skala prioritasnya dari yang paling penting dan mendesak. Selain itu, singkirkan terlebih dahulu kebutuhan tersier anda, untuk menghemat pengeluaran dan juga menyehatkan kembali keadaan keuangan yang telah memakan banyak pengeluaran saat liburan.

Periksa Kembali Pengeluaran Anda

Setelah menghabiskan cukup banyak pengeluaran saat berlibur kemarin, kini tiba saatnya untuk memeriksa kembali pengeluaran apa saja yang telah anda habiskan. Untuk apa pemeriksaan kembali dilakukan? Hal ini tentu saja saat berguna untuk mengetahui bagian keuangan mana kah yang perlu untuk ditata kembali.

Hal ini juga berguna untuk ‘menalangi’ bagian keuangan yang masih darurat dengan mengalokasikan dana dari bagian finansial yang masih sehat namun belum terlalu darurat untuk dipakai. Misalnya: anda memiliki dana yang darurat dan akan dipakai untuk melakukan pendaftaran ulang anak sekolah, namun belum ada biayanya.

Nah anda mungkin dapat mengalokasikan budget untuk berlibur berikutnya kedalam biaya daftar ulang sekolah anak anda.

Lunasi Hutang

Berlibur menggunakan credit card ? Tentu saja sudah sangat lumrah terjadi. Bahkan terkadang pemakaian kartu kredit saat berlibur bisa saja membludak karena terlalu bersemangat dalam berbelanja.

Nah, kini sudah saatnya anda memiliki budget khusus untuk melunasi cicilan hutangnya dan menghentikan penggunaan kartu kredit sebelum semua cicilannya lunas. Mengapa? Agar seterusnya, anggaran dana anda tidak akan habis atau terbuang hanya untuk melunasi cicilan hutang - hutang lainnya.

Mulai Isi Pundi Tabungan dan Investasi Lagi

Anggaran berlibur tentu saja sering kali memangkas dana yang ada di tabungan maupun investasi anda. Nah untuk kembali memiliki cadangan finansial, kini tiba saatnya untuk memulai kembali menabung atau berinvestasi. Sebaiknya, sisihkan terlebih dahulu anggaran tertentu saat anda gajian untuk menabung atau berinvestasi, sebelum dana tersebut digunakan untuk keperluan lainnya.

Batasi Pengeluaran Harian

Membatasi pengeluaran harian juga cukup ampuh untuk menyehatkan kembali keadaan finansial setelah berlibur. Tetap tentu saja perlu perhitungan yang matang dalam hal melakukan penotalan dana akomodasi, konsumsi dan lain - lain per harinya.

Dalam melakukan penghitungan anggaran tersebut, prinsip menyingkirkan kebutuhan tersier juga perlu dilakukan, hitunglah anggaran perhari yang memang benar - benar anda butuhkan seperti ongkos pergi ke kantor atau biaya makan.


Demikian artikel Simas Ajarinvestasi kali ini mengenai 'menyehatkan' kembali kondisi keuangan setelah liburan, ikuti terus ya artikel menarik lainnya. Tetap semangat untuk kembali bekerja ya SMART Investor! :D Jangan sedih karena liburan telah usai...