Kabar Gembira! Akhirnya Rupiah Menguat, Kok Bisa?

Kabar Gembira! Akhirnya Rupiah Menguat, Kok Bisa?

Rabu 17 Oktober 2018 menjadi tanggal bahagia dimana rupiah kembali menguat terhadap Dollar Amerika. Rupiah berhasil menguat di poin 0,34% ke Rp 15.150 per dollar Amerika Serikat (AS).

Kurs rupiah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) juga naik 0,18% menjadi Rp 15.178 per dollar AS.


Apa yang melatar belakangi berhasilnya penguatan rupiah kali ini?

Ternyata, kritikan Presiden Amerika Serikat Donal Trump mengenai kenaikan suku bunga acuan Fed membuat turunnya kurs dollar. 

Direktur Garuda Berjangka Ibrahim menambahkan, dollar AS juga terkoreksi akibat efek perang dagang. Ini nampak dari penurunan penjualan ritel AS serta munculnya proyeksi kenaikan tingkat pengangguran.

Di sisi lain, China merilis data inflasi naik 2,5% secara year to year (yoy) dari 2,3%. "Tapi yang perlu diwaspadai berikutnya adalah data produk domestik bruto (PDB) China, yang kemungkinan besar dapat memberikan sentimen negatif kepada dollar," kata Ibrahim.

Untuk hari ini, Ibrahim memprediksi rupiah akan bergerak dengan kisaran Rp 15.100–Rp 15.230 per dollar AS. "Pemerintah juga ingin membawa rupiah ke bawah Rp 15.000," kata dia.

Sedang David memprediksi rupiah menguat secara teknikal dan bergerak di kisaran Rp 15.120–Rp 15.180 per dollar AS.


Selain kedua faktor diatas, kira - kira ada tidak ya hal lain yang dapat membantu dalam penguatan rupiah?

1. Perbanyak Transaksi dengan Rupiah

Saat ini banyak sektor - sektor bisnis yang lebih mengutamakan transaksinya dalam mata uang amerika. Padahal hal tersebut bisa memberikan dampak semakin lemahnya mata uang kita.

Sehingga saat ini pemerintah bahkan memberlakukan regulasi untuk 'memaksa' para pelaku bisnis bertransaksi dalam mata uang dalam negeri, salah satunya adalah untuk industri pariwisata.

2. Bangga dengan Produk Lokal

Stop undersetimate produk Indonesia yuk! Jangan salah loh, banyak produk lokal negara kita yang sudah ekspor ke berbagai negara di dunia. Nah, cukup membuktikan kan jika produk negeri kita kualitasnya tidak kalah dengan produk impor?

Selain itu, bangga atas produk dalam negeri juga ternyata bisa membantu menguatkan rupiah meski tidak langsung. Karena semakin banyak transaksi dalam rupiah, bisa menguatkan mata uang kita :)

3. Tukarkan Dollar ke Mata Uang Rupiah

Tahu nggak sih, kalau ternyata menukarkan mata uang rupiah ke dollar juga dijadikan sebagai model investasi bagi sebagian orang? Karena dianggap lebih menguntungkan dengan kenaikan nilai kurs nya.

Padahal, hal ini bisa membuat nilai rupiah semakin rendah terhadap dollar.

Maka dari itu, baru - baru ini konglomerat Indonesia pemilik Mayapada Group menukarkan uang dollar nya ke rupiah hingga 2 trilliun demi membantu ekonomi indonesia!

wah patut dicontoh ya :D

Yuk tumbuhkan nasionalisme kalian dengan cintai produk lokal dan mata uang negara kita!

 

SUMBER: Kontan & IDN Times