Jenis Broker Saham Apa yang Cocok untuk Kamu?

Jenis Broker Saham Apa yang Cocok untuk Kamu?

Jenis Broker Saham

Artikel kali ini Simas Ajarinvestasi akan membahas mengenai jenis broker yang ada, dan juga umum digunakan di Indonesia, setelah artikel sebelumnya membahas serba - serbi tentang broker seperti definisi, jenis, dan juga tugasnya.

Pengenalan tentang broker yang lebih mendalam lagi, dapat membantu anda sebagai investor juga lebih mengerti apakah saya membutuhkan broker atau tidak sebagai investor.

Yuk langsung saja kita simak 5 jenis broker dan juga penjelasannya :)

1. Broker Full Service

Sesuai dengan namanya yaitu full service, broker jenis ini memberikan pelayanan penuh kepada nasaah mereka, tidak hanya sebagai pihak yang memberikan informasi dan nasihat mengenai saham. Tetapi juga menjalankan amanah yang diberikan oleh investornya secara keseluruhan. Apa saja jenis amanah yang bisa dijalankan oleh full service broker?

Full Service broker juga bisa membantu dalam hal pemberian informasi, dan nasihat sampai dengan memberikan laporan hasil analisa, seperti yang dilakukan para analis. Full Service Broker ini sangat cocok bagi investor pemula, yang belum memiliki banyak ilmu di dunia investasi saham, terutama ilmu dalam menganalisa.

Tetapi tentu saja, anda harus mengeluarkan budget yang lebih jika dibandingkan dengan jenis broker lainnya. Karena ada harga, ada barang bukan?

2. Broker Discount

Discount broker adalah, jenis broker yang memberikan pelayanan hanya sebatas melakukan transaksi jual beli saham saja, tidak termasuk dalam pemberian rekomendasi serta nasihat, dan juga analisa saham.

Jenis broker ini, umumnya tidak menawarkan saran investasi, walaupun biasanya broker diskon menawarkan alat penelitian dan pendidikan gratis untuk membantu trader membuat keputusan investasi yang lebih baik.

Broker discount biasanya memiliki biaya yang lebih terjangkau, karena tidak perlu repot - repot memberikan nasihat investasi ataupun menganalisis pasar, jika dibandingkan dengan biaya full service broker.

3. Retail Broker

Retail broker adalah jenis pialang saham yang biasanya melayani investor retail atau investor individu, dan tidak memberikan service kepada nasabah institusi. Jenis broker ini akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi jual beli saham yang di amanatkan oleh nasabah mereka.

4. Institutional Broker

Sesuai dengan namanya, institutional broker adalah kebalikan dari retail broker. Broker jenis ini memberikan service khusus kepada nasabah institusi. Broker institusi biasanya melayani seperti penjualan atau pembelian surat berharga yang ada pada reksadana, atau lembaga pensiun.

5. Online Broker

Di era digitalisasi yang serba online sekarang ini, ternyata jasa broker juga sudah dapat melalui online. Mekanisme pelayanan nya dilakukan melalui dunia maya atau internet.

Nah bagi investor yang ingin memakai broker jenis ini tentu saja harus lebih berhati - hati ya, karena anda tidak bisa bertatap muka secara langsung. Hadi, harus benar - benar dicek terlebih dahulu kredibilitasnya.


Nah itu dia 5 jenis broker yang umum digunakan di Indonesia, bagaimana, apakah anda sudah menemukan jenis broker mana yang cocok untuk anda?