Jadi Kartini Masa Kini dengan Mandiri dan Cerdas Finansial

Jadi Kartini Masa Kini dengan Mandiri dan Cerdas Finansial

Kartini Masa Kini yang Cerdas Finansial. Emansipasi wanita kini kian banyak di kampanyekan agar masyarakat Indonesia semakin menghargai jasa pahlawan kita yaitu Raden Ajeng Kartini, dan semakin menghargai derajat wanita yang cerdas, bebas menuntut ilmu dan berkarya.

Jika berbicara tentang wanita yang cerdas, tentu definisinya sangatlah luas. Tapi kali ini ajar investasi akan membahas mengenai kartini masa kini yang cerdas dalam mengelola finansial untuk masa depannya.

Tidak hanya untuk masa depan diri sendiri, tapi juga bagi masa depan keluarga dan orang sekitar :D

Kenapa sih wanita harus bisa cerdas finansial?

1. Wanita adalah ‘Menteri Keuangan’

Dalam sebuah kehidupan suami dan istri, biasanya wanita atau sang istri lebih berperan sebagai ‘menteri keuangan’ dalam keluarga. Nah sebagai menteri keuangan tentu saja anda harus bisa mengatur sebaik mungkin keuangan keluarga anda agar tetap stabil dan kokoh dalam segala kondisi.

Tetapi tentu saja hal tersebut tidak bisa didapatkan secara instant, oleh karena itu anda perlu melatihnya sejak usia muda :D

2. Karena Menjadi Wanita yang Mandiri Merupakan Sebuah Pencapaian

Memiliki paras yang cantik pastinya menjadi sebuah keberuntungan. Namun menjadi wanita yang memiliki kecerdasan tentu lebih membanggakan :D

Begitu juga dengan cerdas finansial. Bisa memenuhi kebutuhan anda sebagai wanita yang mandiri dan menggunakan penghasilan sendiri tentu bisa dijadikan salah satu kategori kesuksesan bukan?

Apalagi jika dapat berbagi manfaat dengan keluarga, teman, atau lingkungan sekitar anda. Nah, hal ini bisa jadi anda dapatkan dengan pintar dalam mengelola keuangan anda setiap bulannya agar memiliki simpanan lebih untuk hal yang penting.

Bagaimana Cara Mengelola Finansial yang Baik? Seperti yang sudah dijelaskan tadi, cerdas dalam mengelola finansial tidak bisa didapatkan secara instant, namun harus terus dilatih sejak muda.

Bagaimana sih cara untuk melatihnya? Yuk simak 3 tips berikut ini:

Cermat Mengelola Keuangan dengan Mengatur Pengeluaran

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk wanita cerdas finansial adalah dengan lebih cermat mengelola keuangan dan mengatur pengeluarannya. Maksudnya apa ya?

Maksudnya adalah anda sebagai seorang wanita cerdas, harus bisa membuat anggaran atau budget pengeluaran yang akan anda gunakan. Penyusunan anggaran ini dapat dilakukan setiap bulan setelah menerima penghasilan. Penyusunan anggaran bertujuan agar anda bisa lebih mengetahui secara rinci apa saja yang penting dan tidak penting untuk dilakukan.

Selain itu, untuk menghindari pemborosan juga. Hindari pengeluaran yang memang tidak terlalu mendesak atau diperlukan. Selain itu, anda juga bisa mencari alternatif lain seperti menggunakan anggaran yang lebih terjangkau agar hemat.

Lebih Produktif untuk Mencari Penghasilan Tambahan

Langkah kedua dalam mengelola finansial adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Tidak perlu memikirkan usaha yang besar dan membutuhkan banyak modal. Usaha yang sederhana seperti menjadi reseller online shop di social media, e-commerce, atau bahkan agen pulsa isi ulang mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok bagi anda.

Penghasilan tambahan yang anda dapatkan dari jerih payah anda sendiri pun dapat digunakan untuk keperluan yang penting tanpa harus merepotkan orang lain karena sudah memiliki tabungan sendiri :D

Siapkan anggaran tersendiri untuk Menabung dan Berinvestasi

Langkah ketiga untuk mengelola finansial adalah dengan menabung dan berinvestasi. Nah selain menyisihkan pendapatan kamu untuk menabung di bank, ternyata ada cara lain loh agar dana yang ingin kamu tabung dapat lebih bertambah lagi.

Bagaimana sih caranya?

Caranya adalah dengan melalui investasi reksadana. Melalui investasi reksadana, dana yang kamu tabung secara jangka panjang akan mendapatkan return yang sesuai dengan kinerja Manajer Investasi. Dalam investasi reksadana, manajer investasi adalah pihak yang mengelola dana anda seperti bank dalam hal tabungan.

Caranya pun sangat mudah dan praktis, dapat dilakukan melalui smartphone anda dengan mengunduh aplikasi investasi reksadana online.

Salah satu contoh aplikasinya adalah Simas Fund Apps dari Sinarmas Asset Management. Nah di Simas Fund Apps ini anda dapat melakukan investasi reksadana dengan mudah, kapanpun dan dimanapun! Bahkan biayanya sangatlah terjangkau, dapat dimulai hanya dengan uang Rp 100.000,- saja.


Demikian artikel mengenai wanita cerdas secara finansial. Artikel ini khusus dibuat untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada setiap tanggal 21 April 2018. Yuk jadi wanita yang mandiri, dan cerdas secara finansial bersama Sinarmas Asset Management :)