Investasi Aman, Dana Tetap Aman, dengan Memahami Konsep Dasar Berinvestasi

Investasi Aman, Dana Tetap Aman, dengan Memahami Konsep Dasar Berinvestasi

Kenapa Perlu Memahami Konsep Dasar Berinvestasi?

Apa saja sih konsep dasar dari investasi? Mengapa kita harus memahami konsep dasar berinvestasi sebelum memulai terjun menjadi investor? Yuk simak di artikel berikut ini dan temukan jawabannya :D


Sebagai seorang investor maupun calon investor yang terjun di dunia investasi, mental tidak takut gagal sudah pasti wajib dimiliki oleh para investor, karena pada dasarnya, segala bentuk investasi pasti memiliki risiko. Yang membedakan hanyalah seberapa besar tingkat risiko dan juga return yang ditawarkan masing - masing instrumen investasi.

Namun ternyata, pemahaman mengenai konsep dasar berinvestasi juga penting untuk dilakukan agar investor dapat berinvestasi dengan nyaman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Konsep dasar berinvestasi versi Simas Ajarinvestasi kali ini dibagi menjadi 4 point.

1. Memerlukan kesabaran

Konsep dasar berinvestasi yang pertama adalah, investasi memerlukan kesabaran. Kegiatan berinvestasi tentu saja memerlukan kesabaran. Karena apa yang akan kita tuai tidak bisa didapatkan hanya dengan waktu yang singkat. Namun semua yang sudah kita persiapkan saat ini dengan niat dan perjuangan, akan dapat dinikmati untuk masa depan.

Selain itu, untuk jenis investasi di pasar modal seperti investasi saham, tentu saja diperlukan kesabaran karena investasi tersebut bersifat jangka panjang. Jika tidak sabar dan hanya mau keuntungan dalam waktu singkat, bisa - bisa anda malah merugi.

2. Membutuhkan Niat dan Usaha

Peribahasa berakit - rakit ke hulu, berenang - renang ketepian tentu sudah tidak asing lagi bagi anda. Nah, peribahasa tersebut juga cocok sekali jika dikondisikan dengan kegiatan berinvestasi.

Masih ada hubungannya dengan point pertama yaitu berinvestasi memerlukan kesabaran, tentu anda perlu sedikit usaha lebih, untuk menyisihkan uang yang mungkin dapat anda gunakan, untuk belanja demi investasi. Tetapi perlu diingat, tentu semuanya anda lakukan demi masa depan yang lebih teratur dan terjamin.

3. Mulailah sejak dini

Tahukah kamu, investasi akan semakin bagus jika dapat dimulai sejak dini. Kok bisa?

Banyak sekali masyarakat yang memiliki pola pikir, bahwa kegiatan menabung atau berinvestasi baru akan dilakukan ketika memiliki kebutuhan atau sebuah goal tertentu. Padahal, jika kegiatan investasi dimulai sejak dini, dana yang akan terkumpul di kemudian hari akan semakin banyak.

Selain itu, kegiatan berinvestasi juga tidak akan terasa berat, karena anda dapat mengalokasikan dana nya perlahan - lahan sesuai dengan budget yang anda miliki.

4. Tak Kenal Maka Tak Sayang

Konsep dasar berinvestasi versi Simas Ajarinvestasi yang terakhir adalah pahami jenis investasi anda. Bagaimana bisa anda sukses berinvestasi jika instrumen investasinya saja tidak anda kenali?

Contohnya:

Dalam investasi di pasar modal, seperti reksadana dan saham yang memiliki tingkat risiko bervariasi sesuai dengan nilai Return nya. Jika anda sebagai investor tidak mengerti bahwa jenis investasi ini memiliki risiko, dan tiba - tiba anda dihadapkan pada kondisi seperti itu, anda pasti akan kaget, panik, dan bisa jadi malah mengambil keputusan yang salah.

Bagaimana cara saya untuk lebih bisa mengenal instrumen investasi?

Bagi SMART Investor yang ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara mudah untuk mengenali instrumen investasi yang diminati, simak terus ya artikel di Simas Ajarinvestasi.

Karena pada artikel berikutnya akan membahas mengenai bagaimana cara agar anda dapat mengenali lebih lanjut instrumen investasi yang diminati :D