Hemat Pangkal Kaya dengan Metode Perencanaan Keuangan SMART

Hemat Pangkal Kaya dengan Metode Perencanaan Keuangan SMART

Bagaimana Cara Menyusun Perencanaan Keuangan yang Baik?

Kesuksesan tidak hanya berawal dari sebuah usaha dan tekad yang kuat, tetapi juga berawal dari perencanaan keuangan yang baik dan matang untuk masa depan. Seperti kata pepatah yang berbunyi:

“if you fail to plan, you are planning to fail” - Benjamin Franklin.

“Jika kamu gagal untuk merencanakan masa depan mu, makan kamu sedang merencanakan kegagalan mu.”

Segala sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya, dapat membantu kita untuk lebih fokus dan terarah dalam mengambil suatu langkah. Begitu juga dengan kondisi keuangan di masa depan, tentu memerlukan adanya planning atau perencanaan keuangan yang matang agar tidak salah langkah, atau bahkan membawa kita kepada jurang kebangkrutan.

Membuat sebuah perencanaan keuangan tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, banyak hal yang perlu diperhatikan agar perencanaan keuangan anda dapat sesuai dengan target yang ingin dicapai. Salah satu tips ampuh dalam membuat sebuah perencanaan adalah anda harus menjadi pribadi yang SMART.

Apa itu pribadi yang SMART? mari simak penjabarannya berikut ini.

S =  Specific

Sebuah Goal atau tujuan yang ingin dicapai haruslah digambarkan secara spesifik dan terperinci. Misalnya, anda akan membuat planning perencanaan menikah. Maka spesifikasinya akan seperti pilihan gedung pernikahannya, pilihan WO yang akan digunakan, pilihan bridal yang akan digunakan dan lain - lain.

M = Measurable

Sesuai dengan arti dari kata measurable, tujuan yang akan anda buat harus bisa terukur. Terukur dapat diartikan dalam banyak hal, contohnya seperti budget yang akan anda tetapkan sebagai target menikah anda, jumlah undangan yang akan dihadirkan, budget gedung serta baju pernikahan yang telah anda batasi agar segala sesuatunya dapat mencukupi.

A = Achieveable

Achieveable atau dapat diraih menjadi kiat untuk menentukan tujuan berikutnya. Apa yang dimaksud sebagai dapat diraih? Ya, dalam menentukan tujuan, tentu saja dalam menetapkan suatu tujuan, anda sendiri harus dapat meyakini secara logika, bahwa tujuan yang dibuat dapat tercapai dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Hindarilah pembuatan target yang tidak dapat diraih dalam jangka waktu yang ditentukan sebelumnya.

Contoh: anda memiliki target untuk menikah dalam jangka waktu 4 tahun kedepan dengan budget 1 Miliar.

Namun Penghasilan anda Rp 4.000.000,- dalam satu bulan.

Tentu secara logika, hal ini agak lebih sulit untuk digapai karena tidak sesuai dengan keadaan yang anda miliki.

R = Reasonable / Realistis

Hampir mirip seperti point achieveable, pada point ini, tujuan yang anda buat haruslah realistis dan dapat dicapai. Selain itu, memiliki alasan yang kuat juga sangat penting dalam menetapkan sebuah tujuan. Buat lah tujuan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki, dan hindari pembuatan target jauh melampaui keadaan yang sedang anda hadapi.

Misalnya:

Anda ingin menargetkan menabung untuk membeli mobil baru, karena terdesak harus menggunakan mobil untuk pergi pulang kampung bersama anggota keluarga anda yang berjumlah 5 orang.

Dengan keadaan tidak adanya transportasi umum yang mendukung untuk mencapai kampung anda, selain itu mustahil untuk menggunakan sepeda motor karena jarak yang jauh dan alasan keamanan.

Nah untuk itu, alasan untuk membeli mobil masih dapat diterima karena keadaan yang terdesak.

T = Time

Point ini memiliki arti yaitu tujuan atau target yang akan anda tetapkan haruslah memiliki batas waktu pencapaiannya. Hal ini tentu saja diperuntukkan agar anda terpicu dan lebih bersemangat untuk meraih tujuan anda. Sebagai contoh, anda akan menetapkan target menikah anda dalam jangka waktu 4 tahun kedepan.


Nah demikian penjelasan mengenai arti kata SMART yang dapat membantu dalam menetapkan tujuan di masa depan.Tentu saja masih banyak hal yang dapat membantu meraih masa depan anda, terutama sebagai dukungan untuk terkumpulnya modal menikah. Salah satunya adalah dengan menabung melalui reksadana. Reksadana dikenal sebagai salah satu metode investasi yang cocok untuk investasi jangka panjang dan sebagai sebuah modal untuk persiapan menikah.

Selain itu, Reksadana Sinarmas Asset Management juga dilengkapi dengan fasilitas seperti 'kalkulator waktu' atau yang disebut sebagai Sinarmas Investment Plan (SIP). SIP merupakan salah satu metode yang menjadi bentuk nyata dari Metode SMART diatas untuk membantu anda menetapkan target.

Tertarik ingin mencobanya? Silahkan klik di sini yuk

Sinarmas Asset Management, sebagai sebuah perusahaan Manajer Investasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki berbagai pilihan produk reksadana yang dapat membantu anda mencapai target menikah anda.

Untuk info lebih lanjut dapat diakses melalui www.sinarmas-am.co.id,  hubungi Hotline Service Simas Asset Management di nomor 021-50507000, atau download aplikasi Simas Fund di AppStore atau PlayStore.

Let's Be a SMART Investor with Sinarmas Asset Management! :D