Gaji Cuma Numpang Lewat? Cegah dengan Tips Berhemat Berikut ini

Gaji Cuma Numpang Lewat? Cegah dengan Tips Berhemat Berikut ini

Tips Berhemat Agar gaji tidak habis dengan percuma ala Simas Ajarinvestasi


Yeay! It’s Pay Day!

Tanggal – tanggal segini merupakan suatu tanggal yang membahagiakan bagi karyawan, karena sudah memasuki tanggal gajian. Eitss, tapi tunggu dulu, ada gak sih dari kalian yang biasanya, gajian hanya numpang lewat saja? Karena sudah habis untuk membayar cicilan dan belanja banyak kebutuhan sehingga tidak bersisa?

Jika kalian salah satunya, yuk simak tips berhemat berikut ini agar gaji kamu tidak habis dengan percuma ?

Tips Berhemat Versi Simas Ajarinvestasi

1. Membuat rekening tabungan terpisah

Memiliki rekening tabungan yang terpisah sangatlah penting. Hal ini dapat berperan, untuk memilah budget yang akan digunakan untuk akomodasi sehari – hari, seperti ongkos bekerja, dan juga biaya makan, selain itu rekening lainnya dapat digunakan untuk menabung.

Dengan memisahkan rekening tersebut, kamu lebih bisa mengontrol dan membatasi budget yang ingin kamu gunakan untuk sehari – hari agar tidak terlalu boros dan dapat dialokasikan pada tabungan.

2. Jangan membawa uang cash terlalu banyak di dompet

Membawa uang tunai terlalu banyak di dompet, mungkin bisa menjadi sebuah ‘petaka kecil’ yang membuat kamu memiliki mindset “wah uang saya masih sisa banyak, tidak akan apa – apa jika dibelanjakan sedikit saja”. Alhasil, kamu akan merasa menyesal karena uang di dompet anda habis tidak tahu kemana atau bahkan habis untuk suatu hal yang tidak terlalu penting.

3. Segera alokasikan budget tersendiri untuk menabung & berinvestasi

Cara jitu lainnya agar gaji kamu tidak habis dengan percuma adalah, dengan menyisihkan budget tersendiri untuk ditabung atau melakukan investasi. Menabung atau berinvestasi, selain dapat sebagai salah satu cara untuk menghemat penghasilan, juga dapat digunakan untuk metode membuat planning finansial di masa depan, dan sebagai cadangan disaat ada kebutuhan finansial yang mendadak.

Contohnya, dengan berinvestasi reksadana Sinarmas Asset Management dengan menggunakan fitur SIP atau Simas Investment Plan, yang dapat membantu kamu agar lebih disiplin dalam berinvestasi di reksadana dengan sistem autodebet.

Jadi, penghasilan kamu akan langsung otomatis dipotong untuk berinvestasi setiap bulannya. Praktis banget kan untuk membantu kamu agar bisa disiplin berinvestasi? Tidak perlu repot untuk melakukan penyetoran manual di bank. Untuk info lebih lanjut mengenai SIP dapat diakses melalui www.sinarmas-am.co.id

4. Buat skala prioritas

Skala prioritas, dapat dibuat saat kamu memiliki rencana untuk berbelanja. Cobalah untuk membuat skala prioritas dengan mencatat barang yang ingin kamu belanjakan, dan urutkan berdasarkan tingkat urgensi dan kepentingannya.

Dengan begitu, kamu akan lebih bisa memilah, mana yang harus kamu beli dan mana yang masih bisa kamu beli di lain waktu karena belum terlalu dibutuhkan. Dan salah satu teknik menghemat kamu pun berhasil ?

5. Bergaya lah sesuai kantong mu

Tips untuk menghemat gaji agar tidak habis dengan percuma yang terakhir versi Simas Ajarinvestasi adalah, “bergayalah sesuai dengan kantongmu”. Tips yang satu ini tidak kalah penting untuk dilakukan.

Karena di era modern saat ini, sebuah trend akan cepat sekali berkembang. Jika kamu tidak bisa menahan dirimu, maka sudah dipastikan anggaran gaji kamu akan habis dengan percuma hanya demi mengikuti trend yang bisa jadi diluar kemampuan kamu.

Akhir Kata

Yuk atur penghasilan kamu setiap bulannya dengan lebih bijak sana bersama tips berhemat dari Simas Ajarinvestasi, agar tidak habis dengan percuma, dan supaya kamu lebih memiliki kondisi finansial yang baik di masa depan ?