Dollar Makin Jaya? Jangan Mengeluh! Masih Ada Positifnya Loh

Dollar Makin Jaya? Jangan Mengeluh! Masih Ada Positifnya Loh

Kenaikan harga dolar Amerika terhadap rupiah, ternyata tidak selamanya berpengaruh buruk.

Faktanya, masih ada dampak positif dari kenaikan harga dolar Amerika terhadap rupiah,  yaitu adanya pihak yang justru diuntungkan, contohnya adalah beberapa pelaku usaha dalam negeri.

Tidak hanya pihak pelaku usaha saja, sebenarnya untuk diri kita sendiri juga ada positifnya, tetapi mungkin tidak disadari saja karena tidak berdampak secara langsung :)

Nah Ini dia 4 hal yang positif, yang bisa ditimbulkan dari naiknya harga dolar Amerika terhadap rupiah.

 

1. Produk lokal bisa berjaya di Negeri Sendiri

 

Hal positif pertama dari naiknya nilai tukar dolar terhadap rupiah yang paling nyata adalah, berjaya nya produk lokal di negeri sendiri.

Kok bisa sih? Bisa dong!

Karena pada saat dolar semakin mahal harganya, hal itu tentu berpengaruh langsung pada harga barang - barang import yang ada di Indonesia.

Karena biaya impor yang semakin mahal, mau tidak mau penjual pun harus menaikkan harga barangnya.

Buat kamu yang terbiasa belanja barang import, disaat dolar sedang seperti ini kondisinya, kenapa gak coba untuk berpaling melirik hasil produksi dari negeri sendiri?

Kualitasnya tentu saja gak kalah jika dibandingkan dengan barang impor, selain itu, dari segi harga? tentu saja lebih murah jika dibandingkan dengan barang impor saat harga dolar terhadap rupiah naik begini :)

2. Peningkatan pada sektor pariwisata

Masa kejayaan dolar tentu saja tidak akan terjadi secara terus - menerus, akan ada masanya dimana dolar mungkin dapat mengalami penurunan nilai tukar.

Tahukah kamu disaat mata uang dolar sedang naik, justru sektor pariwisata memiliki kesempatan untuk meraup untung dari turis - turis yang datang.

Karena biasanya, tidak sedikit turis yang menggunakan mata uang dolar untuk kegiatan transaksi.

3. Kegiatan ekspor bisa lebih produktif

Disaat dolar sedang berada pada titik jaya nya di angka Rp 14.500,-, mungkin banyak sekali perusahaan atau bahkan pemerintah yang melakukan impor barang kewalahan.

Tepi ternyata, hal ini berkebalikan dengan pihak yang mengekspor produk mereka ke luar negeri dan dibayar dengan mata uang dolar.

Para pengekspor ini mungkin bisa menjaring keuntungan yang lebih berkat naiknya harga dolar.

Dengan naiknya harga dolar terhadap rupiah tadi, saat para pengekspor mengirimkan barang mereka keluar negeri dan dibayar dengan dolar, lalu mereka menukar dolar tersebut kepada rupiah, nilai tukarnya maka akan lebih besar bukan?

Nah, disitulah titik untungnya :D

4. Berperilaku lebih hemat

 

Masih ada hubungannya dengan point pertama, karena harga dolar yang semakin tinggi terhadap rupiah, kamu yang biasanya hobi untuk belanja barang import, mungkin bisa jadi lebih menahan diri dan mengurungkan niat untuk berbelanja karena melihat harganya kan?

Atau mungkin kembali lagi kepada point pertama, lebih memilih untuk membeli produk lokal dengan harga yang lebih terjangkau. Nah, dengan membeli barang yang lebih terjangkau jika dibandingkan produk impor, dengan kata lain kamu sudah berperilaku lebih hemat kan?


Demikian 4 hal positif yang bisa ditimbulkan dari naiknya harga dolar terhadap rupiah Indonesia. Pasti selalu ada sisi positif kan di setiap permasalahan? Oleh karena itu, janganlah mengeluh dan terus berusaha ya!

Ikuti terus artikel mengenai investasi dan keuangan lainnya di Simas Ajarinvestasi, jangan lupa subscribe, agar tidak ketinggalan.