Definisi Saham dan Pengertiannya

Definisi Saham dan Pengertiannya

Sebagai seorang investor yang tertarik pada investasi di pasar modal terutama saham, memiliki pengetahuan mengenai saham sudah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

Seperti memahami definisi saham, tujuan, dan manfaatnya.


Belajar Mengenal Definisi Saham

Pada zaman modern saat ini, investasi menjadi salah satu metode bagi masyarakat atau bahkan perusahaan untuk tabungan keuangan di masa depan. Investasi juga menawarkan berbagai macam metode dengan keuntungan yang menggiurkan serta risiko masing –masing.

Investasi saham merupakan salah satu yang populer dari berbagai pilihan metode investasi jangka panjang yang ditawarkan oleh pasar modal, sebuah instrumen yang menjadi wadah untuk jual beli saham yang diterbitkan oleh pemerintah maupun swasta.

Dalam konteks pasar modal, sebuah perusahaan yang telah Go Public (Tbk) dapat di perjual belikan sahamnya kepada masyarakat bebas. Melalui pembelian sebuah saham perusahaan, anda sudah dapat disebut sebagai salah satu pemilik dari perusahaan tersebut.

Saham juga biasa disebut sebagai salah satu bukti yang merepresentasikan kepemilikan perusahaan yang telah anda beli dalam bentuk surat fisik maupun surat elektronik.

Investasi saham dikenal sebagai investasi yang menawarkan High Return atau peluang keuntungan yang besar dengan konsep utama yaitu High Risk - High Return, Low Risk - Low Return.

Bagaimana sebuah saham dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda bagi anda?

Sebuah saham dapat membawa keuntungan bagi anda jika nilai harga saham yang sedang anda jual saat ini dapat lebih tinggi, dibandingkan dengan nilai harga saat anda membeli saham tersebut, istilah ini biasa disebut sebagai Capital Gain.


3 Faktor Penentu Harga Saham

Semakin tingginya harga sebuah saham perusahaan tersebut juga bergantung pada beberapa faktor penentu seperti:

1. Citra Perusahaan
Citra atau prestasi perusahaan yang positif dapat meningkatkan nilai jual saham perusahaan tersebut karena dianggap memiliki prospek yang bagus.

2. Laba Per Lembar Saham
Semakin tinggi laba per lembar saham yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan maka akan memberikan laba pengembalian keuntungan yang cukup baik. Hal ini dapat menarik minat investor untuk mempercayakan investasi terhadap saham perusahaan tersebut dan membeli saham dalam jumlah yang besar.

3. Kondisi Politik Negara
Kondisi politik dan ekonomi negara dapat mempengaruhi nilai pergerakan suatu saham di negara tersebut secara keseluruhan terlepas dari keadaan internal perusahaan itu sendiri.


High Risk juga menjadi salah satu hal yang lekat dengan investasi saham sebagai penyeimbang keunggulan High Return yang telah dijelaskan diatas. Berinvestasi saham memiliki risiko saat turunnya harga sebuah saham perusahaan yang telah anda beli sebelumnya sehingga menimbulkan kerugian.

Namun dibalik itu semua, ternyata terdapat peluang tersendiri bagi anda untuk membeli saham yang sedang turun karena harga yang terbilang rendah, tetapi tentu saja diperlukan analisis terlebih dahulu bahwa akan adanya kenaikan harga saham perusahaan tersebut di masa yang akan datang.

Banyak anggapan yang salah dalam berinvestasi saham di masyarakat, stigma yang terlintas pada saat mendengar investasi saham pada umumnya adalah hanya bisa dijangkau oleh kalangan atas atau bahkan perusahaan besar.

Faktanya, investasi saham dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan investor individu seperti , karyawan perkantoran, mahasiswa, dan bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Namun tentu saja, sebagai investor individu kita tidak bisa serta merta membeli atau menjual saham begitu saja, tetapi membutuhkan sebuah perantara yang biasa disebut sebagai Perusahaan Sekuritas.

Salah satu perusahaan sekuritas yang memiliki lisensi dari Bursa Efek Indonesia adalah Sinarmas Sekuritas. Melalui berbagai pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan investor individu, berinvestasi saham dapat dimulai hanya dengan nilai Rp 100.000,-. Tunggu apalagi? Yuk mulai berinvestasi! Kunjungi website Sinarmas Sekuritas atau Hotline kami di +62 (021)-3925550.