Bincang Santai Program Menabung Saham Bersama Direktur Sinarmas Sekuritas

Bincang Santai Program Menabung Saham Bersama Direktur Sinarmas Sekuritas

Program menabung saham tentu sudah menjadi fokus dari pemerintah terutama Bursa Efek selama beberapa tahun belakangan ini. Program menabung saham ini digulirkan dengan tujuan guna mengedukasi, dan juga menambah literasi masyarakat di Indonesia di dunia pasar modal.

Tidak sedikit upaya yang sudah dilakukan oleh pihak pemerintah, dan juga swasta untuk terus menambah tingkat edukasi pasar modal ini. Nah, kalau dari segi Sinarmas Sekuritas sendiri, bagaimana sih memandang program menabung saham ini?

Yuk simak bincang - bincang santai admin Simas Ajarinvestasi dengan Direktur PT. Sinarmas Sekuritas Bapak Fendi Sutanto, mengenai program nabung saham yang digulirkan selama ini.

Menurut Bapak, Apakah terdapat manfaat dari program menabung saham yang telah dijalankan dan dikampanyekan oleh Bursa Efek Indonesia selama ini?

Seperti kita ketahui bersama, bahwa tingkat inflasi di Indonesia cukup tinggi dan secara historis juga return IHSG lebih tinggi daripada inflasi.

Dengan menabung saham, diharapkan dana investor terus berkembang dan terlindungi dari inflasi.

Untuk keuntungan jangka pendek, investor mendapatkan keuntungan dari capital gain (selisih harga beli dan jual), sedang untuk jangka panjang, beberapa emiten juga sering membagikan keuntungan per tahunnya lewat deviden.

Selain itu, program nabung saham ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi pihak yang sudah berpartisipasi menjadi investor saja, ,melainkan juga untuk perekonomian regional dan nasional, karena dapat mengurangi inflasi dengan cara pola konsumtif yang dialihkan ke saving dalam bentuk saham.

Apa saja yang perlu diperhatikan oleh calon investor mengenai program yuk nabung saham ini?

Menurut saya, dalam program menabung saham ini tentu saja terdapat beberapa hal yang harus digaris bawahi, seperti:

  1. Masyarakat harus tahu dan mengerti akan investasi di perusahaan mana.Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh investor adalah menempatkan investasinya di perusahaan yang tidak mereka kenal dengan baik. Sehingga, risiko untuk mengalami kerugian semakin besar.
  2. Smart Investor pasti akan memlilih perusahan yang baik untuk berinvestasi misalnya memilih saham - saham yang berpotensi bagus untuk jangka panjang, seperti saham Bank BRI (BBRI), PT. Unilever (UNVR), dan Bank Central Asia (BBCA). Atau dengan kata lain Saham yang tergolong ‘Blue Chip’.
  3. Dengan memperhatikan kedua hal diatas, risiko dalam berinvestasi saham juga dapat lebih diminimalisir.

Apakah program menabung saham ini bisa dilakukan untuk semua lapisan masyarakat Indonesia? atau hanya dapat dijangkau oleh masyarakat yang memiliki dana lebih?

Program menabung saham sangat mungkin diakses oleh masyarakat dari segmen menengah ke bawah.

Karena saat ini, ukuran lot telah diperbaharui oleh Bursa Efek Indonesia menjadi lebih kecil, yaitu menjadi 1 lot = 100 lembar, dimana sebelumnya 1 lot = 500 lembar.

Nah, perubahan ini memberi kesempatan bagi investor yang memiliki dana terbatas.

Karena saat ini, untuk membeli saham, investor sudah dapat berinvestasi saham dengan modal sebesar Rp 100.000,- saja.

Bergantung pada masing - masing harga satuan sahamnya yang terdaftar pada pasar modal.

Bagaimana caranya jika saya ingin bergabung dalam program menabung saham? Langkah apa yang harus saya lakukan?

Jika masyarakat tertarik atau ingin bergabung dalam program yuk nabung saham, langkah - langkah yang dapat dilakukan adalah

  1. Mencari perusahaan sekuritas yang aman dan terdaftar di OJK
  2. Datangi cabang terdekat untuk membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) dengan membawa fotokopi KTP dan NPWP, atau untuk beberapa perusahaan sekuritas dapat melakukan registrasi online seperti Sinarmas Sekuritas, yang dapat dilakukan melalui website resmi kami yaitu www.sinarmassekuritas.co.id
  3. Tunggu akun aktif, lalu nasabah akan langsung bisa melakukan trading saham melalui akun yang diberikan dari pihak sekuritas.

Jika dari pihak Sinarmas Sekuritas sendiri, langkah apa saja yang sudah dilakukan untuk membantu menjalankan program literasi pasar modal kepada masyarakat?

Sinarmas Sekuritas sendiri selama ini sudah berkontribusi melalui beberapa kegiatan seperti:

  1. Melakukan Sekolah Pasar Modal yang bekerja sama dengan cabang kami, BEI, dan juga OJK
  2. Mengedukasi masyarakat mengenai pasar modal melalui social media seperti instagram, facebook, twitter, dan sebagainya
  3. Selain itu edukasi juga dijalankan dalam bentuk artikel investasi pasar modal di blog.simasfund.id

Apa harapan Bapak kedepannya mengenai program menabung saham ini?

Saya berharap, melalui program menabung saham ini, masyarakat luas di Indonesia bisa lebih memahami dan juga mengerti mengenai dunia pasar modal, serta menghilangkan stigma dan mitos negatif yang selama ini beredar di masyarakat, dan tentu saja juga dapat berpartisipasi menjadi investor.

Karena sesuai yang saja jelaskan tadi, banyak sekali manfaat yang dapat ditimbulkan dengan pasar modal ini, tidak hanya bagi diri sendiri saja, tetapi juga bagi lingkungan dan juga negara.


Nah itu tadi adalah perbincangan singkat dengan Direktur Sinarmas Sekuritas mengenai program menabung saham. kesimpulannya adalah, program menabung saham ini sangat memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi diri sendiri saja, tetapi juga bagi banyak pihak.

Selain itu, program menabung saham ini dapat dilakukan oleh siapa saja loh, tidak hanya bagi pihak yang memiliki dana berlebih, tetapi juga bagi masyarakat yang dana nya terbatas, karena sudah dapat dimulai dengan Rp 100.000,- saja.

Cara bergabung untuk menabung saham juga sangat mudah, hanya tinggal datang ke cabang perusahaan sekuritas yang terdaftar di OJK, atau melakukan registrasi online.

Yuk tunggu apalagi, sekarang sudah tiba saatnya giliran kamu untuk berpartisipasi menjadi investor di pasar modal! :D