Berbuat Baik Bagi Sesama Melalui Investasi Syariah

Berbuat Baik Bagi Sesama Melalui Investasi Syariah

 

Investasi memiliki banyak jenisnya tersendiri seperti salah satu contohnya adalah investasi syariah. Investasi syariah adalah, bentuk investasi yang mengedepankan manajemen syariah, dan juga islami dalam pengelolaan investasinya. Banyak yang mengatakan, bahwa jika berinvestasi syariah, anda juga sudah melakukan perbuatan baik kepada sesama manusia, bahkan juga kepada negara.

Kok bisa sih? Nah untuk tahu jawabannya, yuk langsung saja kita simak keuntungan dari investasi syariah dibawah ini

1. Dikelola dengan Manajemen Islami

Segala kegiatan investasi yang berbasis syariah, dikelola dengan manajemen yang mengedepankan agama atau dikenal dengan manajemen yang berbasis islami. Pengelolaan berbasis ini, dilakukan untuk menjamin agar investasi yang dilakukan sesuai dengan ajaran agama, yang telah ditentukan dan juga tidak melanggar aturan agama.

2. Investasi yang Halal dan Bebas Riba

Riba memiliki keterkaitan kuat dengan bunga yang diberikan oleh bank kepada nasabah. Nah, karena investasi syariah sangat mengedepankan prinsip islami, maka sudah dipastikan bahwa investasi yang berbasis syariah bersifat bebas dari riba dan juga bunga.

Pengelolaan di investasi yang berbasis syariah, akan menjamin bahwa hasilnya 100% halal. Prinsip syariah yang dijalankan pada investasi ini, juga dianggap dapat dipertanggung jawabkan secara agama islam.

3. Risiko lebih minim

Sebagai investor, wajib diketahui bahwa setiap jenis investasi, pasti memiliki tingkat risikonya masing - masing, tergantung macam tingkat risikonya apakah rendah, sedang, atau tinggi. Nah, pada investasi yang berbasis syariah, penghitungan investasinya juga menggunakan penghitungan unsur kekeluargaan. Dengan penghitungan unsur kekeluargaan tersebut, segala risiko yang mungkin terjadi dapat diminimalisir.

4. Mengedepankan kegiatan sosial

Dengan investasi yang berbasis syariah, mengedepankan kegiatan sosial juga tidak lupa untuk diperhatikan dalam investasi jenis ini. Apa yang dimaksud dengan mengedepankan kegiatan sosial?

Investasi yang berbasis syariah, juga digunakan sebagai salah satu sarana untuk memberi manfaat kepada masyarakat di Indonesia. Sehingga, tidak hanya investornya saja yang merasakan manfaatnya. Istilah lainnya adalah, nasabah dapat berinvetasi sambil beribadah, karena investasi yang dilakukan sangat bermanfaat bagi sekitarnya atau bahkan bagi negara.


Demikian penjelasan tentang keuntungan dari investasi yang berbasis syariah. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel investasi syariah sebelumnya, investasi jenis ini tidak hanya dikhususkan untuk investor yang beragama muslim saja loh. Tetapi semua investor juga bisa berpartisipasi dalam investasi berbasis syariah ini. Yuk tunggu apalagi? Mulai investasi sekarang juga, agar dapat berbuat baik bagi sesama :)