4 Pola Pikir yang Wajib Dihindari Untuk Wujudkan Cita - Cita Investor Sukses

4 Pola Pikir yang Wajib Dihindari Untuk Wujudkan Cita - Cita Investor Sukses

Menjadi pribadi yang sukses segi finansial? Tentu menjadi impian setiap orang bukan? Tetapi tentu saja, untuk menjadi sukses segi finansial membutuhkan usaha dan juga perjuangan yang tidak mudah. Tidak hanya dari segi usaha dalam hal fisik, tetapi juga harus tetap didukung oleh pikiran dan sikap yang positif dari segi psikologis.

Seperti apa sih sikap dan juga pikiran yang harus dihindari jika bercita - cita ingin menjadi investor sukses? Ini dia 4 pikiran yang harus dihindari jika ingin menjadi investor yang sukses

1. Saya Tidak Butuh Investasi

Jika ingin menjadi pribadi yang sukses segi finansial, hal pertama yang perlu dihindari adalah pemikiran bahwa ‘Saya Tidak Butuh Investasi’. Pemikiran saya tidak butuh investasi adalah benar. Padahal, tentu saja lebih baik sedia payung sebelum hujan bukan?

Lebih baik mempersiapkan segala hal dengan terencana dari segi finansial, sebelum kamu memiliki kebutuhan yang mengharuskan pengeluaran finansialmu terpakai, bahkan mungkin dalam jumlah yang besar.

Jika kamu tidak membekali diri melalui investasi, suatu saat jika situasi tersebut terjadi, kamu tidak akan memiliki dana darurat yang telah kamu simpan sebelumnya untuk meng-cover permasalahan tersebut.

2. Investasi Membutuhkan Modal yang Besar

Pemikiran kedua yang harus dihindari demi menggapai mimpi sebagai pribadi yang sukses segi finansial adalah ‘investasi itu selalu membutuhkan modal yang besar’. Pemikiran bahwa berinvestasi membutuhkan modal yang besar tentu saja muncul, jika kamu memiliki keinginan untuk berinvestasi seperti dalam sektor properti atau emas. Tapi tahukah kamu bahwa sekarang investasi tidak lagi membutuhkan dana yang besar? Karena sudah bisa dimulai hanya dengan modal Rp 100.000,- saja.

Jenis investasi apakah itu? Investasi reksadana kini dapat dimulai dengan dana yang terjangkau, seperti yang sudah disebutkan diatas tadi yaitu Rp 100.000,- saja. Jadi, setiap orang dari golongan apapun bisa mulai berinvestasi. Tidak ada lagi alasan untuk malas - malasan berinvestasi karena modal yang besar.

3. Investasi Hanya untuk Orang Kaya

Masih ada hubungannya dengan point sebelumnya, investasi hanya bisa dilakukan oleh orang yang berduit. Masa iya sih? Kini tidak lagi dong. Seperti yang sudah dijelaskan, saat ini tersedia jenis investasi yang modal nya terjangkau. Yaitu investasi reksadana. Sehingga tidak hanya orang yang memiliki uang lebih saja yang kini dapat berinvestasi. Tapi semuanya bisa! :D

4. Investasi Lebih Banyak Ruginya

Adanya tingkat presentasi risiko yang dimiliki oleh investasi membuahkan pemikiran di masyarakat bahwa investasi lebih banyak risikonya. Terutama pada investasi berjenis pasar modal. Padahal, tentunya sebelum kamu memutuskan untuk menjalankan jenis investasi tertentu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenalinya terlebih dahulu.

Risiko yang lebih banyak diterima, selain karena faktor keadaan pasar modal, bisa jadi karena si investor sendiri kurang memahami bagaimana cara berinvestasi di pasar modal. Oleh karena itu, pahami dan kenali terlebih dahulu jenis investasi yang ingin kamu jalankan terlebih dahulu ya :)

Nah itu dia 4 point penting berpikir positif yang dapat membantu kamu untuk mewujudkan cita - cita sebagai pribadi yang sukses segi finansial. Yuk dicoba mulai sekarang, miliki pikiran, serta attitude yang positif. Serta tidak lupa juga untuk selalu bekerja dan berusaha.