4 Hal Positif yang Dapat Dilakukan dengan Uang Rp 100.000

4 Hal Positif yang Dapat Dilakukan dengan Uang Rp 100.000

Produktif Dengan Modal Usaha Kecil

Nominal uang Rp 100.000,- tidak hanya berguna untuk kepuasan diri sendiri saja tapi juga dapat membuat kita lebih produktif jika digunakan dengan bijaksana seperti modal usaha kecil - kecilan.

Bagi masyarakat kalangan menengah - atas di Indonesia, uang Rp 100.000,- tentu menjadi nominal yang terasa akan cepat habis jika digunakan untuk belanja di mall , atau bahkan hangout bersama teman. Tapi tahukah anda, ternyata masih banyak kegunaan dari uang Rp 100.000,-?

Apa saja sih itu? Yuk simak Artikel Ajar Investasi kali ini.

Bisnis Agen Pulsa Elektrik

 

Bisnis agen pulsa elektrik tentu menjadi bisnis yang cocok dengan uang hanya Rp 100.000,-. Selain itu, dengan berbisnis  agen pulsa elektronik, uang yang kita miliki bisa menghasilkan keuntungan.

Apalagi, saat ini hampir seluruh masyarakat di Indonesia sudah memiliki telepon seluler, dengan pulsa atau kuota internet sebagai kebutuhan pokoknya. Selain modal yang relatif terjangkau, bisnis agen pulsa elektronik juga mudah untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Hanya dengan menggunakan gadget yang kamu miliki, transaksi jual beli pulsa pun dapat dilakukan dengan mudah.

Menjadi Dropshipper di bisnis Online

Selain bisnis agen pulsa elektronik, hal produktif yang dapat dilakukan dengan modal usaha kecil Rp 100.000,- yaitu berbisnis online shop. Hanya dengan mendaftar menjadi agen untuk membantu menjual sebuah produk yang biasa disebut sebagai reseller atau dropshipper, kita sudah dapat menghasilkan keuntungan hanya dengan modal Rp 100.000,-.

Bahkan terkadang, menjadi reseller bisnis online tidak membutuhkan modal sama sekali, karena kita hanya wajib untuk mempromosikan produk di internet saja. Setelah mendapatkan customer, kita sebagai agen dapat langsung memproses pesanan pelanggan kepada distributor.

Mudah bukan? Fasilitas untuk melakukan bisnis online juga sudah sangat memadai, dengan banyaknya sosial media dan e-commerce yang mewadahi para pedagang industri rumahan.

Investasi Reksadana

Hal ketiga yang bisa digunakan dengan modal usaha kecil Rp 100.000,- adalah berinvestasi reksadana. Apa itu investasi reksadana? Prinsip dari investasi reksadana hampir mirip dengan menabung di bank.

Namun uang yang akan kita tabung di rekening reksadana akan diolah kembali di pasar modal, serta akan mendapatkan persentase Return sesuai dengan kinerja Manajer Investasi sebagai ‘bank’ yang mengola uang kita, kinerja saham, dan obligasi di pasar modal sebagai sumber tempat mengolah dana tadi. untuk penjelasan lebih lengkap mengenai apa itu investasi reksadana dapat dibaca di sini.

Kini berinvestasi reksadana dapat dilakukan dengan hanya bermodalkan uang Rp 100.000,- saja. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan membuka rekening reksadana di Manajer Investasi. Tapi perlu diingat, perusahaan Manajer Investasi yang akan dipilih sebagai tempat membuka rekening harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ya, agar kegiatan berinvestasi dapat dilakukan dengan aman dan lancar.

Tips untuk memilih Manajer Investasi yang baik dapat disimak di sini

Investasi Saham

Hal produktif berikutnya yang dapat menggunakan modal Rp 100.000,- adalah investasi saham. Kini OJK telah merubah aturan dalam berinvestasi saham menjadi lebih mudah, seperti yang sudah dijelaskan pada artikel berikut ini. Oleh karena itu, sekarang pembelian saham sebuah perusahaan sudah bisa dilakukan dengan modal Rp 100.000,-.

Contoh:

Jika saham PT. ABC adalah Rp 500,- per lembarnya. Lalu kamu ingin membeli 1 lot sahamnya yang terdiri dari 100 lembar, maka modal yang kamu perlukan adalah sebesar:

Rp 500,- x 100 = Rp 50.000,-


Selain keempat hal diatas, tentu masih banyak kegiatan positif yang dapat membuat kita produktif dengan nominal uang Rp 100.000,-.

Yuk jadikan hidup lebih produktif dengan membangun bisnis dan investasi.