4 Cara Investasi Saham dengan Mudah Bagi Investor Pemula

4 Cara Investasi Saham dengan Mudah Bagi Investor Pemula

Tertarik untuk menjadi investor saham tetapi masih bingung mencari tahu bagaimana cara investasi saham secara mudah untuk investor pemula seperti anda?

Sekarang anda tidak perlu galau lagi, karena kali ini Ajar Investasi akan membahas mengenai 4 cara berinvestasi saham dengan mudah khusus untuk investor pemula. Simak Yuk!


Menjadi sukses seperti Warren Buffet di Amerika Serikat, atau Lo Kheng Ho di Indonesia sudah pasti menjadi impian semua orang. Namun untuk menggapai semua mimpi itu, tentu saja harus melewati berbagai jatuh bangun dan usaha. Salah satunya adalah memiliki tekad untuk terjun di Pasar Modal sebagai investor saham.

Kini Bursa Efek Indonesia telah memberi kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia mulai dari pelajar, hingga ibu rumah tangga atau bahkan pensiunan untuk merasakan bagaimana ‘berselancar’ di dunia pasar modal.

Tetapi untuk menjadi seorang investor saham ternyata memiliki persyaratan nya tersendiri yaitu dengan membuka rekening efek atau rekening saham. Bagaimana prosedur untuk pendaftaran rekening saham? Berikut ini adalah 4 langkah mudah pendaftaran rekening saham bagi investor pemula.

Kunjungi Perusahaan Sekuritas Terdekat

Langkah pertama untuk membuka rekening saham adalah dengan mengunjungi cabang perusahaan sekuritas terdekat di daerah anda. Contohnya seperti datang ke cabang perusahaan sekuritas PT. Sinarmas Sekuritas.

Sinarmas Sekuritas memiliki 27 total cabang yang tersebar di Indonesia seperti Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Bagi anda yang memiliki kesibukan dan tidak sempat untuk datang ke cabang terdekat, saat ini Sinarmas Sekuritas memiliki fasilitas pembukaan rekening via online melalui website www.sinarmassekuritas.co.id pada pilihan menu Daftar Simas Net.

Bawa Dokumen Pendukung & Isi Formulir Registrasi

Perlu diingat saat anda pergi ke cabang perusahaan sekuritas terdekat, dokumen pendukung seperti fotocopy KTP, NPWP (jika ada), dan fotocopy halaman depan buku tabungan anda wajib untuk dibawa sebagai pelengkap saat melakukan registrasi. Pengisian formulir registrasi juga harus dilakukan saat ingin membuka rekening saham. Untuk pendaftaran online melalui website Sinarmas Sekuritas, proses pengisian formulir registasi dapat dilakukan secara online.

Contoh Formulir Registrasi Online Sinarmas Sekuritas

Tunggu Konfirmasi Dari Perusahaan Sekuritas

Setelah melewati proses pengisian formulir registrasi pembukaan rekening sekuritas, tahap selanjutnya adalah menunggu konfirmasi dari perusahaan sekuritas bahwa rekening efek anda sudah dikonfirmasi dan siap dipakai untuk berinvestasi di pasar modal.

Biasanya proses konfirmasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 hari kerja karena perusahaan memerlukan berbagai proses untuk aktivasi dan pengecekan kelengkapan dokumen terlebih dahulu.

Notifikasi konfirmasi biasanya akan dikirimkan melalui email atau via telepon, bergantung kepada kebijakan masing – masing perusahaan sekuritas.

Download Aplikasi Online Trading Saham

Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa rekening anda telah jadi, maka anda sudah resmi terdaftar menjadi seorang investor saham dan tiba saatnya untuk anda ‘berselancar’ di pasar modal.

Tapi bagaimana ya cara mengakses pasar modal?

Untuk mengakses pasar modal sendiri dapat dilakukan melalui website perusahaan sekuritas atau melalui aplikasi trading online yang diunduh di App Store atau Play Store pada telepon seluler anda.

Nah, saat proses konfirmasi, perusahaan sekuritas juga akan memberikan username serta password untuk login agar dapat mengakses pasar modal.

Di Sinarmas Sekuritas sendiri, kegiatan trading saham dapat dilakukan melalui aplikasi Simas Mobile di smartphone anda atau melalui website www.sinarmassekuritas.co.id dengan melakukan log in di Simas.net. pada bagian pojok kanan atas website.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembukaan rekening dana nasabah dapat diakses melalui www.sinarmassekuritas.co.id atau menghubungi Hotline Service di nomor +62 (021)-50507000.

Selamat berinvestasi SMART Investor! ?